Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Contoh-Contoh Paragraf Generalisasi

.
.
Loading...
Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili.


Contoh 1:
Keputusan pemerintah menaikkan harga BBM kembali menuai kritikan. Hal ini karena kenaikan ini akan memicu kenaikan harga – harga barang pokok serta tarif angkutan. Terutama harga barang – barang sembako yang menjadi kebutuhan utama yang melambung tinggi setelah kenaikan BBM. Begitu pula dengan kenaikan tarif dasar angkutan, listrik, gas, dan lain –lain. Oleh karena itu, rakyat menolak kenaikan BBM karena banyak membawa masalah bagi rakyat.

Contoh 2:
Kemajuan bangsa dapat dilihat dari sektor pendidikan. Pendidikan yang baik tentu didukung oleh sarana dan prasarana, kualitas guru, serta peran masyarakat dan pemerintah. Melalui pendidikan, kita dapat mengajarkan nilai – nilai yang luhur kepada generasi penerus bangsa. Perubahan – perubahan pada negeri kita juga terjadi dari proses pendidikan. Namun, masih banyak anak – anak negeri yang belum dapat mengenyam pendidikan dengan baik karena berbagai faktor. Oleh karenanya, pemerataan pendidikan harus menjadi prioritas dalam program pemerintah.

Contoh 3:
Negara Indonesia terkenal dengan banyaknya koruptor yang mencuri uang rakyat. Hampir tiap bulan selalu ada kasus korupsi yang menyedot perhatian masyarakat. Selain ditingkat pejabat banyak sekali terjadi tindakan tidak jujur yang dilakukan rakyat Indonesia berupa tindakan kriminal. Maka dapat disimpulkan orang Indonesia tidaklah jujur.

Contoh 4:
Pendidikan karakter untuk melawan koruptor dan kemerosotan moral bangsa terus dilaksanakan di semua sekolah di Indonesia. Namun perlu kita sadari bahwa para koruptor yang tertangkap sekarang justru berasal dari kaum pemuda yang merupakan calon pemimpin dimasa depan. Banyak juga tawuran dan penyimpangan yang dilakukan oleh para pemuda sekarang seperti pemerkosaan,pencurian dan masih banyak lagi. Bisa dibilang pendidikan karakter masih belum efektif mengubah karakter bangsa

Contoh 5:
 Rancho mempunyai karakter pemalas sehingga pada beberapa kali ulangan pun ia berusaha untuk mencontek temanya. Setelah ditanya oleh Pak Guru, ia hanya bisa menjawab bahwa semalaman tidak sempat untuk belajar walau ia sudah tahu pada hari esoknya terdapat ulangan matematika yang cukup susah. Maka bisa diperkirakan jika pada ulangan selanjutnya Rancho akan mencontek lagi.

Contoh 6:
Sekarang ini banyak sekali orang yang cenderung bersifat individualis. Umumnya sifat seperti ini muncul pada mereka yang tinggal dikota-kota besar. Mereka sudah tidak mau lagi bersosialisasi dengan tetangga ataupun melakukan kerja bakti. Kebanyakan sudah terlalu sibuk dengan rutinitas mereka di kantor. Kalaupun mereka berinteraksi dengan orang lain, hal tersebut dilakukan demi bisnis atau kepentingannya sendiri. Orang baru itu berasal dari kota Jakarta, barang tentu ia akan berlaku individualis seperti orang-orang dari kota besar lainnya.

Contoh 7:
Burung merpati berkembang biak dengan bertelur. Begitu juga dengan burung Kakatua dan burung Beo. Hal yang sama juga terjadi pada burung elang dan burung unta. Selain burung, hewan lain yang juga bertelur adalah ayam dan bebek. Semua hewan yang masuk golongan unggas-unggasan pasti berkembang biak dengan cara bertelur.

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF
Loading...
Tag : Paragraf
Back To Top