Contoh soal menentukan makna rujukan teks bahasa Indonesia UN SMA

>
Guruberbahasa.com-menentukan makna rujukan teks bahasa Indonesia UN SMA

CONTOH SOAL:
1. Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti menyambut positif penghargaan kepada orang-orang yang telah bekerja keras tanpa pamrih, memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia melalui program Pahlawan untuk Indonesia tahun 2015. Badrodin pun memberikan apresiasi kepada salah satu peraih penghargaan yang juga merupakan Anggota Polwan dari Polres Nganjuk, Jawa Timur, yakni Aiptu Naniek Yuliati. Nanik mendapat penghargaan dalam kategori pelayanan publik karena mampu melayani dan menangani puluhan warga Nganjuk yang dipasung lantaran gangguan jiwa. (sindonews.com)

Kata apresiasi yang merujuk pada bacaan di atas bermakna....
A. pembuktian terhadap sesuatu
B. penghargaan terhadap sesuatu
C. petunjuk terhadap sesuatu
D. pengamanan terhadap sesuatu
E. pengamatan terhadap sesuatu


2. Politikus Partai Golkar Nurdin Halid tak mengambil pusing terkait adanya sejumlah pihak di internal Partai Golkar yang tak sepakat dirinya menjadi Ketua Steering Committee (SC) Musyawarah Nasional (Munas) April 2016 mendatang. Nurdin Halid menganggap penolakan itu adalah hal yang biasa di era demokrasi. Nurdin Halid berpendapat jumlah kader Partai Golkar yang tak setuju dirinya menjadi ketua SC bisa dihitung dengan jari. Nurdin menjelaskan, dirinya diusulkan sebagai Ketua SC‎ berdasarkan hasil kesepakatan antara Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Bali Aburizal Bakrie (ARB / Ical) dan Ketua Umum hasil Munas Jakarta Agung Laksono.

Kata dirinya pada bacaan di atas merujuk pada....
A. Partai Golkar
B. Ketua Steering Committee
C. Nurdin Halid
D. Abu Rizal Bakrie
E. Agung Laksono

3. Siapa yang menyangka, ternyata Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat dan Pulau Morotai di Maluku Utara, yang terkenal dengan panorama alam, habitat laut, dan tradisi masyarakatnya, masuk yang ditetapkan sebagai daerah tertinggal di Indonesia tahun 2015-2019. Walau namanya tersohor seantero nusantara dan mancanegara, terlepas sebagai daerah tertinggal bukan perkara mudah. Karena masih dianggap wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibanding daerah lain dalam skala nasional. 


Kata panorama yang merujuk pada bacaan di atas bermakna....
A. laut yang indah
B. alam yang bebas dan luas
C. alam yang indah
D. kepulauan yang indah
E.lingkungan alam

0 Response to "Contoh soal menentukan makna rujukan teks bahasa Indonesia UN SMA"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.