Iklan
Home » » 3 CONTOH KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG KESEHATAN

3 CONTOH KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG KESEHATAN

Written By Mohammad Ridwan on 17 May 2016 | 19:15

Guruberbahasa.com- KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG KESEHATAN

CONTOH 1

BAHAYA NYAMUK DAN OBAT NYAMUK

Tidak diragukan lagi, nyamuk memang berbahaya terutama nyamuk penyebar malaria dan demam berdarah. Untuk melindungi diri dari gangguan nyamuk kita biasa pakai obat nyamuk. Tetapi apakah kita sadar jika pemakaian obat nyamuk ternyata dapat merugikan kesehatan manusia. Lalu bagaimana dong!

Kawan,kawan selain obat nyamuk kita dapat juga memakai kelambu di tempat tidur, nyamuk tidak mampu menembus celah kecil kelambu. Kelambu ini tentu saja aman dan bebas efek samping yang merugikan kesehatan. Sayangnya ada orang yang merasa kelambu itu tidak praktis dan mengurangi keindahan tempat tidur, maka mereka ramai-ramai beli obat nyamuk. Bermacam-macam obat nyamuk memang sudah lengkap sekali dari jenis oles (lotion), obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, hingga obat nyamuk elektrik. Kira-kira mana diantara jenis tersebut yang paling aman bagi kesehatan kita?

Menurut para pakar kesehatan, keempat jenis obat nyamuk tersebut tetap saja membahayakan jika dipakai dalam waktu jangka pajang. Obat nyamuk terdiri atas unsur insektisida, zat pewarna, dan pewangi, yang kesemuannya mempunyai dampak buruk. Jika dosis yang terkandung masih dapat ditoleransi, maka bahaya dapat dikurangi. Setiap kemasan obat nyamuk tentu saja memiliki aturan pakai yang berbeda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Bacalah aturan pakai baik-baik pada kemasannya, agar tidak salah pakai!
         
Dari keempat jenis obat nyamuk tersebut urutan terbaiknya adalah lotion, elektronik, semprot dan obat nyamuk bakar. Jika kamu jeli tentu harganya  juga sesuai bukan? Yang terbaik tentu saja harganya lebih mahal dari yang lainnya.


CONTOH 2

Alam Mengancam Kesehatan


Tanpa kita sadari saat ini alam kita telah memberikan ancaman yang besar bagi kesehatan manusia. Bagaimana tidak, perbuatan manusia sendirilah yang membuat ancaman itu terjadi. Udara yang bersih, sungai yang jernih pun sudah sulit ditemui. Banyak orang yang telah terenggut nyawanya akibat perbuatannya sendiri. Asap kendaraan, sampah disungai, hutan yang gundul semuanya merupakan perbuatan manusia. Tanpa sadar hal tersebut menjadi bumerang yang menyakitkan bagi kita semua. Namun bukannya berkurang, saat ini semakin banyak nyawa manusia yang dihabisi oleh penyakit yang dibuatnya sendiri.

Banjir di Jakarta merupakan salah satu contoh dari keteledoran dan ketidak pedulian manusia terhadap alam dan lingkungan. Sampah yang dibuang selama bertahun-tahun kesungai secara nyata saat ini berbalik merugikan manusianya sendiri. Setiap tahun Jakarta ditenggelamkan air hujan dan setiap tahun juga masyarakat Jakarta mati percuma dari penyakit yang disebabkan dari banjir. Namun bukannya menyadari, masyarakat Jakarta malah semakin menjadi-jadi membuang sampah secara sembarangan seperti ingin protes kepada alam.

Coba anda lihat kebakaran hutan Indonesia yang baru saja terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Dunia di hebohkan oleh bencana itu. Negara tetangga terganggu akan asap yang ditimbulkannya. Penyakit seperti ISPA datang menyerang manusia dari anak kecil hingga orang dewasa. Tidak sedikit yang mati akibat penyakit tersebut. Hal ini karena keserakahan orang-orang yang tidak bertanggung jawab membakar hutan dengan semaunya sehingga jutaan orang dirugikan dari ulah mereka.

Sayangi alam kita maka alam akan menyayangi kita. Lingkungan yang selalu terjaga akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi manusia. Dengan menghentikan perbuatan yang bisa merusak alam maka kita akan memberikan warisan yang sangat besar kepada anak cucu kita kelak.


CONTOH 3

Bahaya Asap Rokok

Rokok sangat berbahaya bagi tubuh kita. Asap rokok yang kita hirup mengandung racun yang sangat berbahaya. Asap rokok bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Ada penyakit jantung, paru-paru, inpotensi, dan gangguan ibu hamil dan janin.

Tidak hanya saluran napas yang bisa terganggu akibat rokok. Anak kecil yang terbiasa menghirup asap rokok pun, bisa saja dia akan terkena jantung koroner di usia muda. Asap rokok ini juga bisa menyebabkan infeksi telinga bagian tengah. Oleh karena itu jangan heran bila ada anak kecil yang tiba-tiba dari telinganya keluar cairan padahal tadinya tidak sakit apa-apa. Mungkin itu adalah efek asap rokok. Oleh karena itu orang tua harus pandai-pandai menjaga anaknya dari bahaya asap rokok. Jangan sampai anak ditempatkan di lingkungan yang penuh dengan asap rokok.


Ada pendapat yang mengatakan bahwa perokok pasif lebih rentan terkena bahaya asap rokok daripada perokok aktif. Oleh karena itu, para perokok aktif sebaiknya menyadari akan bahaya yang ditimbulkannya akibat merokok, dan sebisa mungkin mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan merokoknya. Memang mungkin terasa berat, tetapi saya yakin itu hanya sementara saja. Bila mampu menahan diri ketika melewati masa-masa yang berat tersebut, pasti lama-lama akan terbiasa untuk tidak merokok. Yang terpenting adalah...”Di mana ada kemauan, pasti ada jalan.”. Yakinlah kalau kita pasti akan ...BISA...!
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Teks Argumentasi JUDUL Download 3 CONTOH KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG KESEHATAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/05/3-contoh-karangan-argumentasi-tentang_17.html. Jangan Lupa Bagikan 3 CONTOH KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG KESEHATAN ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.