Contoh soal Melengkapi paragraf dengan kata baku tentang hemat energi

>


Pada contoh soal di bawah ini, soal tidak kami fokuskan pada paragraf tentang hemat energi. Tujuannya agar siswa bisa memahami kata baku dari paragraf apapun.

 1.    Pada rute terakhir itu, kondisi kami sudah tidak optimal. Padahal jalan yang akan kami telusuri sungguh berat dengan....... tinggi. Lorong gua menurun terjal dengan jarak 60 meter sampai 70 meter. Bukan ...... licin, air yang tergenang juga mengalir dan ..... mengikuti bentuk lorong gua. Kalau sampai terpeleset bisa berbahaya.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a.         risiko, hanya, jatuh
b.         risiko, cuman, jatuh
c.          resiko, cuman, jatuh
d.         resiko, hanya, jatuh

2.           Perpisahan kelas XII diadakan di gedung yang terletak di kompleks ABRI. Hari ini mereka mengadakan ...... bersih. Tampaknya, acara mereka tersusun sangat sistematis. Kerja keras panitia akan membuahkan hasil yang memuaskan

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.        glady
B.         gelady
C.         gladi
D.        geladi



3.    Sesungguhnya sungai banyak bermanfaat bagi masyarakat. Selain untuk mengairi areal persawahan, masih banyak manfaat yang lain seperti untuk sumber bahan baku air minum yang diolah oleh PAM dan sarana ............. masyarakat. Bahkan, di beberapa daerah, sungai menjadi tempat objek wisata yang menarik. Tetapi karena kecerobohan masyarakat membuang sampah dan limbah ke sungai, menjadikan sungai sebagai penyebab  terjadinya banjir yang menyengsarakan masyarakat. Seharusnya masyarakat ikut menjaga kelestarian air sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.        Teransportasi
B.         Transeportasi
C.         Transportasi
D.        Transfortasi

4.    Tetanggaku membeli pekarangan dekat ......... Rencananya yang separuh akan digunakan untuk klinik dokter spesial mata. Maksudnya agar kebun itu lebih bermanfaat.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.        Apotik
B.         Apotek
C.         Klenik
       D.      Apotick

1 Response to "Contoh soal Melengkapi paragraf dengan kata baku tentang hemat energi"

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.