1.       Padi yang luas menguning adalah hasil tanam yang dilakukan oleh petani. Petani yang luar biasa tidak mengenal waktu demi berhasilnya tanaman padi. Panas yang menyengat tidak dirasakannya karena mereka tahu masyarakat butuh pangan. Jasanya sungguh besar.

Makna kata “jasa” pada puisi di atas adalah…
A.   Manfaat yang melimpah bagi kita
B.    Pelayanan yang terbaik bagi kita
C.    Perbuatan yang bergun bagi orang lain
D.   Jerih payah yang sangat menguntungkan
2.       Sembilan bulan kita menghuni  rahim ibu. Selama itulah ibu kita menanti kehadiran kita. Ibu menanti hingga tangisan pertama kita pecah ke dunia. Sekarang usia kita sudah belasan tahun. Ibu kita selalu bersabar atas segala kenakalan kita. Kita harus membalas segala kebaikan ibu kita. Kita harus yakin bahwa surga ada di telapak kaki ibu

Makna kata “surga ada di telapak kakimu” pada puisi tersebut adalah ….
A.      di bawah telapak kaki ibu ada surga
B.      berbakti kepada ibu akan masuk surga
C.      mencium kaki ibu akan disayangi
D.      kesabaran ibu takkan pernah putus

3.       Selama bertahun-tahun terjadi banyak masalah kesehatan karena kekurangan air bersih. Pendidikan minim karena kondisi ekonomi memprihatinkan.  Sekarang air bersih tidak sulit lagi. Setiap rumah sudah mempunyai kamar mandi dan WC. Kehidupan ekonomi warga terus membaik. Semua itu terkait dengan pulihnya tiga mata air yang mengering setelah perusakan hutan tahun 1964-1965. Ternyata reboisasi hutan Wonodadi membawa perubahan yang tidak terbayangkan bagi masyarakat sekitar hutan tersebut.
Makna istilah reboisasi dalam pargraf di atas adalah ….
A.   penanaman hutan
B.    penanaman kembali
C.    pelestarian hutan
D.   penghijauan wilayah