Loading...

Contoh soal: Menentukan kesimpulan cerita

Pada Indikator ini, SOAL HAMPIR SETIPE DENGAN MENENTUKAN SIMPULAN PARAGRAF.
Simpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. Intinya kalau simpulan kata-katanya tidk harus sama persis dengan paragraf yang ada di soal.

1. Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi. Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
B.Biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila dilakukan dengan berolahraga.
C.Para remaja di kota-kota besar sering kesulitan untuk melakukan diet di salon atau dokter.
D.Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif.

Pembahasan
Kalimat-kalimat sebelumnya menjelaskan tentang bermacam-macam iklan yang menawarkan jasa menurunkan berat badan. Dengan demikian, kesimpulannya adalah “banyaknya iklan penawaran itu, dapat membingungkan konsumen untuk memilihnya”.
Jawaban:D

2. Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
B. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.
JAWABAN: D


3. Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang lucu, tetapi mengandung unsure pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama. 

Kesimpulannya     : Bacaan yang baik untuk anak sebaiknya menceritakan tokoh kartun yang mengandung unsur pendidikan dan pesan moral.


4. Sudah ada ide tetapi sukar untuk dituangkan. Selalu dihadapkan dengan persoalan apa yang hendak ditulis? Seberapa panjang tulisan yang akan ditulis. Keringnya pengetahuan terhadap topik yang hendak dikembangkan. Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.

Kesimpulannya     : Pengalaman awal belajar menulis yaitu ketidaktahuan mengenai topik yang akan ditulis atau bingung dalam memilih topik.


5. Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
D. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.

Kunci Jawaban : C
-
Loading...