Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Pengertian Buku Teks

.
.
Loading...
Buku Teks; Pengertian Buku Teks; Kriteria Buku Teks
Buku Teks
Buku teks mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. Buku teks me-rupakan sumber belajar yang sangat penting untuk mendukung
tercapainya kom-petisi yang menjadi tujuan pembelajaran. Melalui
buku setiap orang dapat mengi-kuti perkembangan baru yang terjadi.
Pengertian Buku Teks
Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan (lange dalam tarigan, 1986:11).  Bacon (dalam  Tarigan, 1986:11) mengatakan bahwa buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cemat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.

Buku teks atau buku ajar merupakan buku pegangan pembelajaran yang diguna-kan di sekolah yang menyajikan pengalaman tak langsung dalam jumlah yang banyak dan untuk menunjang program pengajaran (Rusyana, 1984:24). Sebuah bacaan terkadang mampu menggerakkan pikiran pembacanya.

Dengan demikian buku teks yang digunakan di sekolah-sekolah sebaiknya telah diuji kelayakannya. Buku teks yang layak akan menunjang keberhasilan pembela-jaran. Guru mengajar berdasarkan kurikulum dan menggunakan buku teks dalam proses belajar mengajar.

Daftar Pustaka: download bukunya

Tarigan, H.G dan Djago Tarigan. 1986. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung; Angkasa.

Tarigan, H.G. 1986. Analisis Buku Teks. Bandung: Angkasa.
 


Loading...
Tag : Buku Teks
Back To Top