Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

12 Ungkapan Bahasa Indonesia beserta Artinya Lengkap (IDIOM)

.
.
Loading...
Guruberbahasa.com-Ungkapan

1.Lurus Hati
Artinya:Jujur
Ilustrasi:
Santi anak yang pandai.Ia sering menjadi juara kelas.Ia tidak pernah berbohong dalam berbicara.Ia sering dijuluki lurus hati.Banyak teman menyukainya.

 2.Tangan besi
Artinya:Bersikap Kasar
Ilustrasi:
Boni anak  kelas 5 SD yang badannya gemuk.Ia sering meminta paksa apapun  kepada temannya.Ia sering dijuluki tangan besi.Teman-temannya pun membenci sikapnya
 
3.Mata-mata
Artinya:Kaki tangan musuh
Ilustrasi:
Korea Selatan dan Korea Utara pada saat itu sedang bermusuhan.Untuk memantau wilayah musuh Korea Utara mengirimkan mata-mata ke Korea Selatan.Banyak wilayah Korea Selatan Yang telah dianalisis.Namun mata-mata ini tertangkap oleh polisi Korea Selatan.Mata-mata ini dijuluki oleh Korea Selatan yaitu mata-mata yang berbahaya.
 
4.Keras Kepala
Artinya:bandel/Tak bisa diperingatkan
Ilustrasi:
Ibnu adalah siswa kelas 4 SD.Dia adalah anak orang kaya.Tetapi dia susah jika diperingatkan oleh gurunya dan teman sekelasnya.guru dan teman- temannnya pun sering memarahinya.Ia sering disebut keras kepala oleh teman-temannya.
 
5.Lintah darat
Artinya:Pemeras/renterir
Ilustrasi:
Bapak Abdul hidup dikeluarga sederhana.Disuatu hari keluarga Bapak Abdul didatangi oleh rentenir.Rentenir itu sangat kejam dan gallak.Orang sekitar sering memanngil dengan julukan lintah darat.Masyarakat sangat membencinya.

6.Darah Biru
Artinya:Keturunan bangsawan/Ningrat
Ilustrasi:
Haryadi adalah anak dari seorang pegawai kantor.Dia hidup berkecukupan.Namun ia tidak tahu bahwa ia keturunan bangasawan.Setelah ulang tahunnya yang ke-13,ia diberitahu bahwa ia adalah keturunan bangsawan Ngayokyakarta Hadiningrat.Setelah dia tahu hal itu dia pun bangga .Saudaranya sering memanggilnya dengan darah biru.
 
7.Berat Hati
Artinya:Tidak Ikhlas
Ilustrasi:
Gogon adalah pencinta burung.Ia memelihara banyak burung yang indah.tetapi suatu hari Saudara Gogon terkena penyakit asma gara-gara burung peliharaan Gogon.Keluarga Gogon langsung menyuruh Gogon untuk memberikannya kepada orang lain.Dengan berat hati Gogon memberikannya kepada orang lain.  
 
8.Gigit Jari
Artinya: Kecewa
Ilustrasi:
Di Semifinal Piala Dunia Di Brazil tahun 2014,Brazil dipertemukan oleh Jerman.Namun pertandingan itu harus berakhir dengan skor 7-1 dengan kemenangan di pihak Jerman.Pemain Brazil harus gigit jari karena kekalahan tersebut.
 
9.Rendah Diri
Artinya:Minder
Ilustrasi:
Bapak Tyo hidup dikeluarga yang sejahtera.Bapak Tyo dan Ibu Dewi mempunyai anak bernama Ibnu Abbas.Saat menjelang ujian Ibu Dewi memberitahukan pada Ibnu untuk belajar.Tetapi Ibnu menolak perintah ibunnya.Saat ujian tiba Ibnu mendapat nilai 4.Akhirnya ia diejek oleh temannya yang bernama Budi,Tono,Toni dan Edo.Ibnu akhirnya menjadi rendah diri karena hasil ujian.

10.Kepala Dingin
Artinya:tenang
Ilustrasi:
Pada saat kegiatan menthal math guru membrikan soal teka-teki.Kelompok terbagi menjadi 8 kelompok.Andi,Maman dan Syarif menjadi satu kelompok.Andi dan Syarif kebingungan dengan soal yang diberikan.Tetapi dengan kepala dingin Maman menyelesaikannya dengan mudah.

11.Perang dingin
 Artinya:Menggeretak
 Ilustrasi:
Abdel dan Kiki berteman,tetapi mereka sering bertengkar.Seringkali dia bertengkar dengan mengolok-olok.Ketika Abdel bertengkar,Abdel bicara “dasar Kiki gendut”ucapnya.Kiki pun marah dan langsung membalasnya “dasar keriting”ucap Kiki.banyak teman mereka melihatnya dan berkata”Dasar,sukanya hanya perang dingin”ucap teman-temanya.



12.Gulung tikar
Artinya:Bangkrut
Ilustrasi:
Orong-orong  adalah pengusaha sepeda bermerek.Perusahaan itu sudah lumayan lancar.perusahaan itu sudah lumayan lancar.Tetapi akhir akhir ini pening katanya menurun.Orong berusaha untuk meningkatkannya kembali.tetapi tetap tidak bisa,akhirnya Orong –Orong gulung tikar.
Loading...
Tag : Ungkapan
Back To Top