Iklan
Home » » 12 Ungkapan dan Artinya Bahasa Indonesia Lengkap

12 Ungkapan dan Artinya Bahasa Indonesia Lengkap

Written By Mohammad Ridwan on 27 Feb 2016 | 15:30

Guruberbahasa.com- Ungkapan

1.Panjang Tangan:Suka Mencuri
Saat istirahat Bonie,Reno,dan Budi pergi ke kantin untuk membeli makanan ringan.Bonie pergi,Bonie dan Reno membeli makanan.Ketika Bonie pergi,Bonie melihat Budi membeli makanan ringan .Padahal Budi tidak membawa uang untuk membeli makanan ringan.Setelah ditanya  ternyata Budi telah mencuri makanan ringan.

2.Tinggi Hati :Sombong
Di acara lomba melukis .Tina,Vera,dan Zena adalah anak yang ikut di Acara tersebut.Saat perlombaan di mulai mereka langsung mulai melukis.Setelah itu pemenang perlombaan melukis di beritahukan kepada penonton bahwa juara 1adalah Zena. Zena langsung menerima pialanya dan memamerkan pialanya ia sangat sombong kepada temannya.

3.Rendah Hati  :Baik /tidak sombong
Disaat mengerjakan tugas di sekolah Dewi tidak membawa pulpen untuk mengerjakan.Lalu ia meminjam ke pada temanya.Tetapi tidak ada yang mau meminjamkan kepadanya.Lalu Dewi mencoba meminjam kepada Eka dan ternyata Dewi dipinjamkan pulpen oleh Eka.Eka adalah anak yang baik di kelasnya.

4.Otak  Udang  :Bodoh
Di suatu kelas ada anak yang bernama Meta.Ia adalah anak yang bodoh.Karena ketika ia dijelaskan Meta tidak memperhatikan I itu gurunya.Maka dari itu Mela menjadi bodoh.

5.Berbunga-Bunga :Bahagia
Pada hari Sabtu Milla berulang tahun.Ia mendapatkan kejutan dari orang tuanya.Hati Milla langsung berbunga- bunga.Milla juga mendapatkan kado dari teman-temanya.

6.Naik Darah :Marah
Nailla dan teman-temanya akan berencana untuk pergi ke South Africa.Ayahnya sudah membelikan tiket kepada Nailla.Tetapi ibunya tidak mau kehilangan Nailla.Ibunya sangat marah kepada ayah Nailla.

7.Mata Pencaharian :Pekerjaan
Ada seorang anak yang tidak mempunyai ibu.Ia hanya tinggal dengan ayahnya.Mereka tinggal di sebuah gubuk yang sangat kecil.Ayahnya bekerja sebagai penjual kayu bakar.Tetapi dia tidak malu karena ayahnya mempunyai pekerjaan sebagai penjual kayu bakar.

8.Banyak Akal : Pintar atau Cerdik
Ada seorang anak yang bernama Ata.Dia sangat pintar sekali.dan juga sering mendapatkan rengking 1.Oleh karena itu dia selalu dimanjakan oleh kedua orang tuanya.Karena Ata sangat begitu pintar di sekolah maupun di masyarakat.

9.Anak Emas : Orang Kesayangan
Ada sebuah keluarga yang hanya memiliki 1 anak.Anak itu bernama Farel.Sianak itu selalu dimanjakan oleh kedua orang tuanya.Karena dia satu-satunya anak kesayangan orang tuanya.

10.Besar Kepala :Sombong/congkak
Di sekolah ku ada seorang anak yang bernama Tapasya.Dia sangat sombong dengan harta dan kepintaranya.Dia memamerkan nilainya yang selalu mendapatkan nilai bagus di sekolah.Seluruh temanya sangat tidak menyukai sikap Tapasya,karena sikap kesombongannya terlalu berlebihan.Teman-temanya selalu menjauh dari diri nya.

11.Banting Tulang :Bekerja Keras
Di desa ada seorang nenek –nenek dan kakek –kakek sedang bekerja di lading.Dia bekerja keras di tengah hari kepanasan untuk kebutuhan anaknya yang ingin membeli sepatu baru,tas baru,dan perlengkapan sekolah lainnya.Namun anak tersebut tidak sabar menunggu perlengkapan sekolah baru.Anak tersebut membentak orang tuanya dengan penuh kemarahan.


12.Ringan Tangan :Suka Memukul
Di tempat tinggal ku ada anak yang bernama Depin.Ia sering sekali memukuli teman – temanya.Teman –temanya pun melapor ke orang tuanya masing-masing.Jadi Depin terkena marah oleh orang tuanya dan teman-temanya.Lalu,Depin pun menangis.
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Ungkapan JUDUL Download 12 Ungkapan dan Artinya Bahasa Indonesia Lengkap. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/02/12-ungkapan-dan-artinya-bahasa.html. Jangan Lupa Bagikan 12 Ungkapan dan Artinya Bahasa Indonesia Lengkap ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.