Guruberbahasa.com-Menyimpulkan Perbedaan dan Persamaan Isi Teks

TEKS 1
Presiden SBY Menetapkan tanggal 20 Oktober sebagai hari Batik. Penetapan hari batik dilakukan setelah UNESCO menyerahkan sertifikat kepada Indonesia. Penetapan hari batik dihadiri menteri komunikasi dan informatika, mantan menteri kebudayaan dan pariwisata, ketua DPR dan lain-lain. Sebelumnya, UNESCO menyetujui batik sebagai warisan budaya dunia tak benda asal Indonesia, setelah pemerintah Indonesia mendaftarkan batik.
 
TEKS 2
Presiden SBY menetapkan tanggal  2 Oktober sebagai hari Batik. Penetapan ini dilakukan dalam acara perayaan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO di pendapa kediamannya di Puri Cikeas, Juat, 2 Oktober 2009. Peraturan Presiden untuk menetapkan hal itu akan dikeluarkan kemudian. Langkah itu di ambil sebagai bentuk rasa cinta kepada batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui. Kedepan Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga warisan budaya dan tekun untuk mendaftarkan budaya lainnya ke UNESCO. Indonesia kini telah menyumbang tiga warisan budayanya sebagai milik dunia, yaitu keris, wayang dan batik.

1. Persamaan informasi yang terdapat pada kedua kutipan berita di atas adalah .......

a. UNESCO menetapkan batik sebagai warisan Indonesia non benda
b. Indonesia telah mendaftarkan warisan budaya ke UNESCO untuk mendapat pengakuan
c. Presiden menetapakan tanggal 2 Oktober sebagai hari Batik.
d. Presiden mengimbau masyarakat Indonesia menggunakan batik.


Teks 1
Di Seruni Aquatic Stadium Cisarua, Bogor, Jawa Barat dilangsungkan Kejuaraan Polo Air Yunior Asia. Selasa (12/10) Tim polo air Indonesia meraih peringkat kelima di kejuaraan tersebut. Kejuaraan itu diikuti 12 negara.

Teks 2
Pebulu tangkis utama Indonesia menjanjikan hasil terbaik pada Turnamen Grand Prix Gold Indonesia. Di Samarinda, Kalimantan Timur, turnamen itu dilaksanakan. Turnamen itu dilaksanakan Rabu, (13/10).

2. Persamaan isi kutipan berita tersebut adalah tentang ....
A. olahraga            
B. tempat
C. waktu
D. hasil      




Teks 1
Pukul 02.05 WIB kemarin, sebuah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dibakar. Pelaku tidak dikenali. Akibat aksi tersebut, gerai ATM meledak hingga terpental sejauh 10 meter.

Teks 2
Seorang laki-laki nekat membakar Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Kejadian itu tepat pukul 02.00 WIB dini hari. Akibatnya gerai ATM meledak namun tidak ada korban jiwa.




3. Persamaan isi kedua kutipan berita tersebut adalah ....
a.  Waktu kejadian tersebut
b.  Gambaran terjadinya ledakan
c.  Korban peristiwa tersebut
d.  Objek yang dibakar