Loading...

Contoh Teks Membaca Pemahaman dan Membaca Cepat

Pada zaman seperti sekarang orang semakin mudah berkomunikasi. Hal ini disebabkan semakin banyak alat canggih yang dapat memudahkan orang untuk mengadakan hubungan dengan orang lain. Dahulu mengirim berita hanya dapat dilakukan melalui surat, telepon, majalah, surat kabar, dan radio.  Sekarang berita dapat dikirim melalui faksimile.  

Faksimile adalah alat komunikasi tertulis jarak jauh. Alat tersebut dapat mengirimkan tulisan dalam waktu sangat singkat, dalam bahasa yang sederhana. Faksimile dapat dikatakan sejenis mesin fotokopi jarak jauh. Sama halnya dengan telepon, orang baru bisa berkomunikasi jika sama-sama memiliki faksimile.  Bila kita tidak memiliki faksimile, masih ada kemudahan lain, yaitu kita dapat pergi ke warung telekomunikasi  (Wartel). 

Cara menggunakan faksimile hampir sama dengan telepon, yaitu si pengirim harus terlebih dahulu menekan nomor pesawat yang dituju. Bedanya, jika menggunakan faksimile, komunikasi dilakukan secara tertulis dan tidak langsung. Artinya dalam  bertelepon si pengirim dapat langsung bercakap-cakap dengan si penerima, sedangkan dalam faksimile hal itu tidak dapat dilakukan. 


1.    Apa yang dimaksud dengan faksimile?

2.    Bagaimana cara menggunakan faksimile?

3.    Karena faksimile dapat mengirim berita tertulis dalam waktu yang sangat singkat”
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban di atas adalah  ….

4.    Simpulan yang tepat untuk paragraf pertama adalah....

5.    Kenapa sekarang komunikasi semakin mudah?

6.    Apakah perbedaan penggunaan faksimile dan telepon?

7.    Ide pokok paragraf ke-3 adalah?

8.    Ide pokok paragraf ke-2 adalah?


9.    Ide pokok paragraf ke-1 adalah?

10.    Pada paragraf berapakah dijelaskan pengertian faksimile?
-
Loading...