Kumpulan Soal Ujian Nasional BAHASA INDONESIA SMP Tahun 2016

-->
Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!

Pundi-pundi  kas negara  kini mencapai 156 triliun per 7 Mi 2010. Surplus APBN merupakan gabungan antara pendapatan dari sektor perpajakan ditambah dengan penarikan pinjaman kemudian dikursmgj dengan belanja. Meski demikian, surplus ini bukanlah hal yang rnembanggakan, sebab rendahnva penyerapan belanja yang menyebabkan fungsi anggaran sebagai pendorong perekonomian tnenjadi kurang efektif.
Guna mendorong kualitas penyerapan anggaran, Kementerian Keuangan akan menerapkan mekanisme reward and punishment. Artinya, bagi lembaga yang tidak bisa menyerap anggaran dengan baik pada 2010, maka pagu anggaran untuk 2011 akan dipotong. Lambatnya penyerapan anggaran selama mi menunjukkan belum seriusnya pemerintah dalam mencari solusi. Untuk membantu kelancaran penyerapan anggaran ini, proses administrasi yang terlalu berbelit-belit harus disederhanakan.

24.    Gagatan utama tajuk tersebut  adalah ....
A.    Pundi-pundi kas negara kita sedang mengalami kenaikan puncak pada tanggal 7 Juli 2010
B.    Surplus APBN didapat dari sektor perpajakan ditambah dengan penarikan pinjaman
C.    Pemerintah memberlakukan rnekanisme reward and punishment pada tahun anggaran 2011
D.    Upaya penyederhanaan proses administrasi perlu dilaksanakan demi cepatnya penyerapan anggaran

25.    Kalimat yang menyatakan fakta pada tajuk tersebut terdapat pada ....
A.    kalimat pertama paragraf pertama
B.    kalimat ketiga paragraf pertama
C.    kalimat kedua paragraf kedua
D.     kalimat ketiga paragraf kedua

26. Bacalah dengan saksama tajuk berikut!

Telah banyak kita dengar dan saksikan kiprah relawan dalam berbagai kesusahan dunia. Ada yang menolong korban gempa bumi dan bencana alam lainnya. Ada juga relawan yang menolong kaum terpinggir dun teraniaya. Terakhir kita menyaksikan pengorbanan relawan yang mencoba menembus blokade Israel terhadap Gaza. Dalam upaya itu sebagian dari mereka --yang naik kapal Mavi Marmara-- harus mengorbankan nyawa dan menderita ietelah diserang oleh pasukan Israel.

Kita bersyukur, meski ada dua relawan Indonesia yang luka dan harus dirawat, sehanyak 10 relawan lainnya teiah dibebaskan. Mereka bisa dikatakan lolos dari maut serangan pasukan Israel karena saat serangan terjadi. Siapa pun bisa saja gugur menjadi korban. Kita sampaikan penghargaan yang tinggi kepada para relawan Palestina dan juga kepada relawan lain yang selama ini telah membaktikan diri bagi keluhuran manusia. Mereka telah memperlihatkun teladan dan bukti bahwa hidup barulah bermakna jika didedikasikan bagi kebaikan sesama. Dalam hal Palestina, tampak bahwa blokade Israel amat mengusik rasa perikemanusiaan para relawan.

Penulis tajuk tersebut berpihak kepada ....
A.    pemerintah
B.    relawan
C.    Palestina
D.    Israel

27. Cermatilah identifikasi masalah berikut!
Identifikasi masalah :
1. Internet di kaJangan para pelajar
2. Pemanfaatan mtemet_dalani pembelajaran.

Paragraf latar belakang yang tepat sesuai identifikasi masalah tersebut adalah ...
A.    Internet saat ini dapat diakses dengan mudah dan murah. Mereka yang haus informasi dapat mencarinya dari telepon genggam. Kemudahan ini sekaligus sebagai penanibah pengetahuan. Dengan demikian pengctahuan siswa akan didapat dari mana saja.
B.    Pelajar banyak yang nienggunakan internet. Pengctahuan yang diakses dari internet sangat bermanfaat untuk belajar di sekolah maupun di rumaJt. Pengetahuan lidak harus didapat dari guru di sekolah saja.
C.    Saiah satu media massa yang poputer saat ini adalah internet, termasuk di kalangan pelajar. Mereka bebas mengakses lagu, gambar, dan berbagai informasi. Jika tidak difasilitasi, berdampak buruk bagi pelajar. Oleh karena itu, di perl ukan pendekatan yang tepat kepada siswa daiam pemanfaatan internet.
D.    Internet bukan merupakan hal baru. Namun. jika penggunaannya tidak benar, dikhawatirkan mereka akan mengakses hal-hal yang bersifat ncgatif. Internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

28.   Perhatikan data buku berikut dengan saksama!
1)    Buku berjudul Penggunaan Bahasan Indonesia dalam Surat Dinas, dikarang oleh E. Zainal Arifin. Buku tersebut diterbitkan oleh PT Mediatama Sarana di Jakarta tahun 1987.
2)    Buku berjudul Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, ditulis oleh Mulyanto Sumardi pada tahun 1982 Buku tersebut diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan di Jakarta   

Bentuk penulisan daftar pustaka yang tepat untuk kedua buku tersebut adalah ...
A.    Arifin E. Zainal Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Sural Dinas. 1987. Jakarta : PT Mediatama Sarana.
       Sumardi, Mulyanto. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. 1982. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
B.    Arifin, E. Zainal, 1987, Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas.
PT Mediatama Sarana : Jakarta.
    Sumardi, Mulyanto. 1982, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Pustaka Sinar Harapan : Jakarta
C.    Arifin, E. Zainal. 1987. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas.
Jakarta : PT Mediatama Sarana.
    Sumardi, Mulyanto. 1982. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
D.    Arifin E., Zainal. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. 1987. Jakarta : PT Mediatama Sarana.
    Sumardi; Mulyanto. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. 1982. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

29.     Menurut berita di surat kabar, korban penyakit flu burung sudah mewabah banyak sekali. Berita tentang banyaknya korban flu burung dilansir oleh harian terkemuka di Jakarta.

Perbaikan kalimat pertama agar menjadi kalimat efektif adalah ....
A.    meletakkan kata mewabah setelah kata penyakit
B.    menghilangkan kata mewabah dan sekali
C.    memindahkan kata sudah sebelum kata sangat
D.    menempatkan kata sudah dan banyak sebelum kata korban

30.    Bacalah paragraf berikut!
Grup mahasiswa kedokteran akan melakukan ujicoba di posko-posko bencana banjir yang tersebar di beberapa RW. Mereka juga membawa obat-obatan yang disumbangkan oleh pemilik apotek terhadap menderitanya rakyat yang terkena musibah.

Perbaikan pilihan kata bercetak miring yang tepat adalah ...
    A.    tim, praktik, penderitaan
    B.    tim, tugas, penderita
    C.    kelompok, praktik, menderita
    D.    kelompok, tugas, penderitaan

31.    Tujuan ekonomi indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat indonesia.

Penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
    A.    Tujuan Ekonomi Indonesia adalah Keadilan Sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia.
    B.    Tujuan Ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh Masyarakat Indonesia.
    C.    Tujuan ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh Masyarakat Indonesia.
    D.    Tujuan ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia.

32.    Bacalah pantun berikut!
Yogyakarta kota berhati nyaman
[...]
Jika anda cinta kebersihan
Mengapa buang sampah di kali

   
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A.    Itulah slogan indah sekali
B.    Pengendara jalan berhati-hati
C.    Pergi ke pasar membeli roti
D.    Tinggallah di tempat yang aman

33.    Bacalah kutipan puisi berikut!
[...]
Perlahan-lahan tumbang
Dalam deru gergaji
Oleh tangan-tangan keji

   
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A.    Daun pun mengering
B.    Pohon itu gersang
C.    Pohon itu meradang
D.    Ranting mengering

34.    Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Seorang bernama Amar merasa segala doanya kepada Tuhan tak pernah dikabulkan. Ia menduga doa yang banyak menjadi penyebabnya. Dosa akibat salah menjalankan perintah Tuhan.

   
Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A.    Marahkah kau padaku
Hasratku kau abaikan
Salahkah aku
Doaku mengalun ke arsy-Mu
Kurangkag sujudku
B.    Kuterima nasibku
Jika Kau abaikan diriku
Kau memang berkuasa
Atas diriku yang hina
Segala doa sudah kulantunkan
C.    Segala kupintas tiada kauberi
Segala kutanya tiada kausahuti
Besar benar salah arahku
Hampir tertahan tumpah berkah
Hampir tertutup pintu restu
D.    Nanar mata ini menatap
Bayang-bayang dosa
Tak terhapuskanlah dosa ini
Dengan segala doa
Sengajakah kau lakukan ini


35.    Bacalah kutipan drama berikut!
Dini    : Rendy, kenapa sih, kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek aku? Memangnya kamu suka kalau diejek? (cemberut)
Rendy    : (tertawa-tawa) Aduh ... maaf deh, kamu marah ya, Din?
Dini    : Iya dong. Habis ... kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek aku, biar anak-anak sekelas menertawakan aku kan?
Rendy    : [....]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah ....
A.    Memang aku sengaja, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.
B.    Wah, jangan marah dong Din, aku kan Cuma bercanda!
C.    Wah, kamu kalau cemberut memang cantik lho!
D.    Jangan marah ya Din, aku suka melihatmu cemberut!

36. Bacalah ilustrasi berikut!
Ketua OSIS SMP BINTANG JAYA JOGJA mendapat giliran pertama memberikan  sambutan atas nama ketua penyelenggara pada acara pembukaan lomba mendongeng  dalarn rangka mernperingati Bulan Bahasa.

Pembukaan pidato yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.    Melalui lomba mendongeng, diharapkan generasi muda lebih mengenal dan mencintai dongeng yang berasal dari negeri sendiri. Dongeng, memang sudah tidak disenangi lagi di kalangan anak-anak.
B.    Puji syukur marilah kita sampaikan kepada Tuhan, karena berkat rahmat, dan
hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada acara pembukaan lomba mendongeng
dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.
C.    Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada khilaf kata. Semoga
lomba mendongeng ini berjalan lancar.
D.    Tujuan pelaksanaan lomba mendongeng ini untuk mempenngati Bulan Hahasa.
Dengan harapan. kita generasi muda semakin mengcnal yang berasal dari negeri
sendiri.


37.    Bacalah kutipan pidato berikut!
Saya rnengucapkan selamat dan terima kasih atas kehadiran leman-teman menghadiri kegiatan pameran buku dalam rangka menyambut adik-adik kita siswa kelas 7 yang baru.
[...]
Apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia memohon maaf.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi teks pidato tersebut adalah ...
A.    Akhirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran
buku ini.
B.    Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang telah memberikan
kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan ini.
C.    Demikian sambutan dari saya selaku Ketua Panitia semoga pameran buku ini
bermanfaat.
D.    Pameran buku ini merupakan agenda tahunan OSIS dalam rangka memotivasi
para siswa agar gemar membaca.

38. Bacalah tema berikut!
 Tema karya ilmiah: Peran pelajar dalam menciptakan lingkungan yang bersih.

Rumusan masalah karya ilmiah sesuai tema tersebut adalah....
A.    Di mana pelajar berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan?
B.  Bagaimana peran pelajar dalam menciptakan lingkungan yang bersih?
C   Berapa pelajar yang dapat berperan dalam menjaga kebersihan?
D.    Mengapa pelajar harus ikul berperan dalam menciptakan kebersihan?

39.    Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Perjalanan berlangsung lancar dan aman.
(2) Kebetulan, ayah mempunyai teman dekat yang tinggal di Jakarta sehingga sangat membantu keperluan kami.
(3) Pada hari Minggu, 6 Juni 2010, kami sekeluarga berwisata ke Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol.
(4) Tiba di Dunia Fantasi, kami segera menikmati berbagai jenis permainan dan wahana yang tersedia di sana.
(5) Sebelumnya, ayah sudah mempersiapkan semua keperluan, termasuk tiket masuk.

Urutan kalimat yang tepat agar tersusun menjadi paragraf yang padu adalah ....
A.    (2), (1), (3), (5), (4)
B.    (3), (5), (2), (1), (4)
C.    (4), (3), (2), (1), (5)
D.    (5), (1), (3), (2), (4)

40.    Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Salam rindu,

Apa kabar? Semoga kita selalu mendapatkan lindungan dari Tuhan. Eh, ngomong-ngomong, kok suratku yang kemarin nggak kamu balas, lagi sibuk ya? Sama dong, aku juga sedang sibuk nih. Banyak tugas dari sekolah yang harus aku selesaikan. Tapi, kalau sudah ada waktu, balas suratku ya!
[...]

   
Bagian penutup surat tersebut yang tepat adalah...
A.    Demikian surat yang sempat aku kirimkan. Cukup sekian dan terima kasih.
B.    Cukup ini dulu ya? Kunanti balasan darimu, sekian, maaf dan terima kasih.
C.    Sekian surat dariku, kurang dan lebih berkenan aku sampaikan terima kasih.
D.    Saya akhiri info dariku dan mohon maaf dengan penuh ketulusan hati.
-

0 Response to "Kumpulan Soal Ujian Nasional BAHASA INDONESIA SMP Tahun 2016"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.