Ungkapan Bahasa Indonesia, Artinya, dan Ilustrasinya (Bagian 1, 2016)

>
1.    Dino  adalah  anak yang paling nakal . Ayah dan ibu Dino kurang mencukupi ke butuhannya. Di sekolah  Dino sering di buli oleh teman –temannya karena ia sering tidak mempunyai barang seperti teman – temannya. Akhirnya Dino panjang tangan  barang temannya yang tidak ia punyai.
Ungkapan : Panjang tangan.
Arti             :Suka mencuri.


2.    Ada anak yang bernama Dita. Keluarganya selalu mencukupi kebutuhannnya. Dita hanya bermain dengan orang yang slevel dengannya. Ia selalu tinggi hati kepada orang yang tidak selevel dengannya.
Ungkapan : Tinggi hati.
Arti           : Sombong.

3.    Aqila adalah anak yang tidak pilih - pilih  teman. Teman - temannya sangat suka bermain dengannya karena Aqilq anak yang ramah. Walaupun ia orang kaya tetapi ia selalu rendah hati. Ia adalah anak yang disenangi oleh teman - teman nya .
Ungkapan  : Rendah hati.
Arti             : Baik.


4.    Jordan adalah anak yang pendiam.  Ia selalu tertinggal pelajaran sekolah. Ketika pulang sekolah ia selalu bermain games hingga larut malam. Di sekolah ia sering di juliki sebagai otak udang.
Ungkapan : Otak udang.
Arti          : Bodoh.

5.    Ada seorang anak yang bernama Nailla. Ia mengikuti lomba cerdas cermat  di sekolahnya. Ia memenangkan lomba cerdas cermat tersebut. Hati Nailla berbunga – bunga karena ia menang lomba cerdas cermat.
Ungkapan   : Berbunga – buanga.
Arti                : Senang / bahagia / gembira.

6.    Bu Mocy dan  Pak Simon sering bertemu di rumah. Setiap berbicara Bu Mocy dan Pak Simon selalu berbeda pendapat. Jadi setiap Bu Mocy dan Pak Simon berbicara berdua mereka selalu naik darah. Dan kedua anaknya melerai orangtua nya.
Ungkapan : Naik darah.
Arti             : Marah.

7.    Pak Kura mencari mata pencaharian nya di laut. Hasil yang ia dapat untuk kebutuhan anak dan istrinya. Ia selalu mendapat penghasilan yang banyak. Pak Kura bekerja setiap hari dengan giat.
Ungkapan   : Mata pencaharian.
Arti             : Pekerjaan.

8.    Kancil adalah hewan yang banyak akal. Ia selalu menipu hewan yang jahat. Untuk keselamatan dirinya. Maka kancillah hewan yang pintar di hutan.
Ungkapan     : Banyak akal
Arti               : Pintar / cerdik

9.    Pak Bams dan Ibu Bams mempunyai anak. Nama nya adalah Brighita. Brighita adalah anak satu–satunya , Maka ia di sebut anak emas. Pak Bams  dan Ibu Bams  sangat menyayangi anak satu – satu nya.
Ungkapan  : Anak emas
Arti               : Orang kesayangan

10.    Ferrel adalah anak yang terlahir di keluarga yang kaya. Ia selalu menunjukan barang – barang  yang berkualitas tinggi yang ia miliki. Teman – temannya tidak menyukai sikap Ferrel. Ferrel selalu bersikap Keras kepala kepada teman – temannya.
Ungkapan  : Keras kepala.
Arti              : Sombong / congkak.


11.     Pak Kiki banting tulang demi keluarga nya. Ia selalu pulang larut malam  untuk menghasilkan uang kebutuhan keluarga. Istrinya selalu menasehati untuk tidak pulang terlalu malam. Tetapi Pak Kiki tidak mau mendengarkan apa kata istri nya, Dan Pak Kiki selalu pulang larut malam untuk menafkahi keluarga nya.
Ungkapan  : Banting tulang.
Arti             :Kerja keras.



12.    Wendy dijahili oleh anak laki – laki. Ia selalu jengkel ketika ia dijahili oleh anak laki – laki. Wendy pun tidak segan – segan untuk memukul anak laki – laki yang menjahili nya. Maka ia lebih sering dijuluki ringan tangan oleh teman – teman nya.
Ungkapan     : Ringan tangan.
Arti                : Suka memukul.

0 Response to "Ungkapan Bahasa Indonesia, Artinya, dan Ilustrasinya (Bagian 1, 2016)"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.