CONTOH SOAL Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kata, Konjungsi, dan Kalimat UN SMA

>
Guruberbahasa.com-Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kata, Konjungsi, dan Kalimat UN SMA

1. Cermati Paragraf Berikut!

1) Presiden mengatakan, nantinya di setiap daerah akan dilengkapi PLB agar biaya logistik dapat ditekan. 2) Dikatakan, keberadaan PLB‎ juga akan memangkas biaya penimbunan dan penelusuran di berbagai gudang di luar negeri. 3) "Saya berharap para pengusaha PLB mampu memindahkan penimbunan barang expor dan impor yang semula dilakukan di luar Indonesia, agar dipindahkan ke sini," katanya. 4) Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyaksikan penyerahan sertifikat kepada 11 perusahaan yang akan memanfaatkan kawasan PLB. 5) Ke 11 perusahaan itu adalah PT Cipta Krida Bahari (supporting industri migas dan pertambangan), PT Petrosea Tbk (supporting industri migas dan pertambangan) PT Pelabuhan (supporting industri migas dan pertambangan) PT Kamadjaja Logistics (supporting Industri Makanan dan Minuman).

Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat ditunjukkan kalimat nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

JAWABAN: C
Pada Kalimat ke-3 terdapat kata expor. Kata tersebut tidak tepat yang seharusnya adalah ekspor.

2. Cermati Paragraf Berikut!
1) Kepala sektor otomotif global di Ipsos Business Consulting, Markus Scherer, mengatakan, ada banyak bukti kuat yang menunjukkan, Indonesia perlahan dapat menggantikan Thailand sebagai pusat produksi otomotif utama di ASEAN. 2) Hal ini memiliki implikasi besar bagi produsen. Bukan hanya produsen, tetapi penyuplai suku cadang otomotif serta pemangku kebijakan di kedua negara. 3) "Buktinya jelas, dalam hal tren output produksi kendaraan, perkembangan kebijakan, dan perbaikan infrastruktur, Indonesia akan terus meningkatkan kapasitas produksi, konsumsi domestik dan volume ekspor sekaligus. 4) Produsen otomotif dan pemangku kebijakan di Indonesia, Thailand dan negara-negara lain tentu akan mempertimbangkan implikasi ini," ujar Scherer, dalam siaran persnya.. 5) Selama ini, lanjut dia, Thailand telah menjadi produsen mobil terbesar di Asia Tenggara dengan volume produksi per tahun sekitar 2 juta unit dibandingkan Indonesia dengan jumlah sekitar 1,1 juta unit di tahun 2015.

Kata hubung yang tidak tepat ditunjukkan kalimat nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

JAWABAN: B
Konjungsi pada kalimat 2 merupakan konjungsi korelatif. (BACA: JENIS-JENIS KONJUNGSI). Pasangan konjungsi korelatif bukan adalah melainkan.

3. Cermati Paragraf Berikut!
1) Pemerintah telah meluncurkan enam paket kebijakan ekonomi. 2) Paket kebijakan ekonomi tersebut bertujuan untuk merespon perlambatan ekonomi akibat tekanan global dan rendahnya penyerapan APBN. 3) Namun, membuat desa semakin terpinggirkan. 4) Kondisi tersebut disebabkan keenam paket kebijakan, pemerintah terlihat fokus dengan sektor industri, properti, infrastruktur atau konektivitas, kehutanan dan pertanian, pariwisata, alat transportasi, dan sumber daya air. 5) Sementara properti tidak termasuk dalam nawacita yang didengungkan pemerintah.


Kalimat yang tidak tepat ditunjukkan kalimat nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

JAWABAN: C
Kalimat tersebut tidak efektif karena unsur kalimat tidak lengkap. 

1 Response to "CONTOH SOAL Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kata, Konjungsi, dan Kalimat UN SMA"

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.