Iklan
Home » » CERAMAH RAMADHAN: TENTANG AMAL UNGGULAN DI BULAN PUASA

CERAMAH RAMADHAN: TENTANG AMAL UNGGULAN DI BULAN PUASA

Written By Mohammad Ridwan on 30 Apr 2016 | 22:54

Guruberbahasa.com- CERAMAH RAMADHAN: TENTANG AMAL UNGGULAN DI BULAN PUASA

Marilah kembali kita bersyukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita peluang pahala begitu besar di bulan Ramadhan yang mulia ini. Mari meniti hari demi hari di bulan ini, dengan kesungguhan amal dan kekhusyukan dalam hati kita. Sepenuh doa keselamatan dan kesejahteraan semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, yang memberikan contoh begitu jelas kepada kita, bagaimana mengisi bulan Ramadhan dengan penuh amal kebajikan.  

Kaum muslimin yang berbahagia .... 
Sejak awal Ramadhan memang telah dijadikan oleh Allah SWT sebagai bulan musim kebaikan, dimana setiap pecinta kebaikan diundang untuk berlomba-lomba memanfaatkan kesempatan dan hari-harinya yang singkat, dengan memenuhinya dengan amal kebaikan yang bermacammacam. Rasulullah SAW menyebutkan ciri khusus bulan Ramadhan :
“(Bulan dimana) dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, syetan-syetan dibelenggu. Dan berserulah malaikat : wahai pencari kebaikan, sambutlah. Wahai pencari kejahatan, berhentilah” (demikian) sampai berakhirnya ramadhan” ( HR Ahmad)  

Kaum muslimin yang berbahagia .... 
Lantas apa sajakah amal kebaikan dan ibadah unggulan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan pada sahabat di hari-hari Ramadhan yang penuh berkah ? Mari sejenak kita mengkajinya dengan singkat satu demi satu, agar memotivasi kita untuk mampu menjalankannya di bulan Ramadhan yang telah berjalan beberapa hari ini.   

Yang Pertama : Menjalankan Sholat Tarawih atau Qiyam Ramadhan
Salah satu yang menjadi ciri khas bulan Ramadhan adalah shalat tarawih berjamaah. Bulan Ramadhan menjadi begitu semarak di malam hari karena pelaksanaan sholat tarawih berjamaah.  Riwayat tentang keutamaan qiyam ramadhan atau sholat tarawih ini begitu sering kita dengar di hari-hari ini, dan bahkan telah kita hafal tanpa sengaja. 

Amal Unggulan Yang Kedua : Tilawah dan Tadarus atau Mempelajari AlQuran 
Bulan Ramadhan adalah syahrul quran, bulan Al-Quran. Bukan saja karena Al-Quran turun di dalam bulan Ramadhan, namun karena memang salah satu agenda dan amalan Ramadhan adalah membaca dan mempelajari Al-Quran. Inilah salah satu sunnah dalam bulan Ramadhan yang begitu jelas dicontohkan oleh Rasulullah SAW. 

Kaum muslimin yang berbahagia,   
Marilah kita menyediakan waktu khusus dalam hari-hari kita di bulan Ramadhan ini, bukan hanya sekedar membaca Al-Quran siang dan malam, namun juga mencoba untuk memahami dan mentadaburinya. Terlebih lagi saat ini begitu banyak ceramah, kajian, pengajian yang membahas seputar Al-Quran dan tafsirnya, maka akan sangat indah dan berkesan Ramadhan kita jika kita mampu menghadiri majelis-majelis ilmu semacam itu. Kita juga perlu mengingat, bahwa hakikat kemuliaan Al-Quran akan dapat kita rasakan, dengan benar-benar mentadabburi ayat-ayatnya.


Akhirnya, sholat tarawih dan tilawah al-Quran adalah dua dari sekian banyak amal unggulan di bulan Ramadhan. Mari bersama menguatkan tekad, saling menasehati satu sama lainnya, seraya memohon kekuatan kepada Allah SWT agar benar-benar kita bisa menghiasi Ramadhan ini dengan sepenuh amal kebaikan.    

washholatu wassalamu ala Rasulillah wa ‘ala aalihi wa ashabihi ajma’iin
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Pidato JUDUL Download CERAMAH RAMADHAN: TENTANG AMAL UNGGULAN DI BULAN PUASA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/04/ceramah-ramadhan-tentang-amal-unggulan.html. Jangan Lupa Bagikan CERAMAH RAMADHAN: TENTANG AMAL UNGGULAN DI BULAN PUASA ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.