Loading...

Contoh Cara Menanggapi DISKUSI dengan Bahasa yang Benar

Guruberbahasa.com- CARA MENANGGAPI DISKUSI

Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Remaja 

Moderator : Demikianlah pokok pikiran yang disampaikan pembicara melalui makalah yang berjudul “Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Remaja”. Saudara-saudara, pada kesempatan ini saya membuka termin I untuk tiga orang penanya atau penanggap. Perkenalkanlah diri terlebih dahulu sebelum mengungkapkan pendapat, silakan! 

Peserta : Nama saya Teguh Candra. Saya sangat tertarik dengan uraian saudara pembicara. Namun, saya kurang sependapat dengan pernyataan Pembicara bahwa penyebab penyalahgunaan narkoba adalah faktor lingkungan pergaulan remaja saja. Menurut saya penyebab penyalahgunaan narkoba meliputi faktor keluarga dan lingkungan, karena keluarga merupakan faktor pembentukan kepribadian anak. 

Moderator : Terima kasih, penanggap kedua kami persilakan. 

Peserta : Nama saya Tuti. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Saya sependapat dengan saudara Teguh. Kita tidak boleh memposisikan faktor lingkungan pergaulan remaja sebagai faktor tunggal penyebab penyalahgunaan narkoba dalam diri remaja. Meskipun faktor itu memang sangat berpengaruh. Namun apabila remaja ditanamkan nilai-nilai keutamaan, moral, etika, dan agama yang kuat terutama dalam lingkungan keluarga saja dan terus-menerus diberi teladan tingkah laku orang tuanya yang baik, maka ia akan menolak pengaruh lingkungan pergaulan yang negatif termasuk penyalahgunaan narkoba. 

Moderator : Ya, terima kasih saudara Tuti. Selanjutnya, penanya ketiga kami persilakan. 

Peserta : Nama saya Topik. Saya hanya akan melengkapi pendapat saudara-saudara tadi. Menurut saya, yang terpenting bagaimana mengatasi masalah tersebut sehingga remaja tidak terjerumus dalam tindakan tersebut. Menurut saya, pertama-tama, keluarga harus memberikan teladan dan menanamkan nilai moral dan agama yang kuat, masyarakat ikut mengawasi dan bekerja samadengan aparat kepolisian memberantas penyalahgunaan narkoba, dan pemerintah menerapkan hukuman yang berat kepada pengedar dan pengguna narkoba. 
Moderator : Demikianlah saudara-saudara, termin I telah selesai. Selanjutnya, saya persilakan para panelis untuk menanggapi pernyataan atau pertanyaan dari para peserta tersebut. Silakan! ................
-
Loading...