Loading...

Contoh Karangan Persuasi Singkat dan Ciri-Cirinya

Guruberbahasa.com- COntoh Karangan Persuasi dan Ciri-Cirinya

CONTOH 1: 

Tips Tahun Baru Bersama Keluarga 

Tahun baru ternyata menjadi ajang untuk berkumpul seluruh anggota keluarga, melakukan sesuatu yang dapat melahirkan suasana, semangat, dan keceriaan baru bagi keluarga. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan. 

1. Perubahan pada rumah. Mendiskusikan perubahan-perubahan yang dapat dilakukan untuk memperindah rumah  menjadi ajang kumpulkumpul yang mengasyikkan. Lakukan hal yang sama untuk tempat tinggal Anda saat ini. Diskusikan bersama dengan seluruh anggota keluarga, apa yang dapat dilakukan bersama. Tak perlu direnovasi besar-besaran yang memakan banyak biaya. Penambahan sedikit tanaman atau merapikan sudut-sudut rumah bisa menjadi alternatif pilihan. 

2. Menyumbangkan barang yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Bukalah lemari pakaian Anda dan pilah baju-baju yang tidak Anda kenakan selama setahun ini. Lakukan hal yang sama untuk mainan, kaset, buku, majalah, koran, dan lain-lain. Barang-barang yang terabaikan ini akan sangat berguna bagi orang lain. 

3. Bersama-sama menulis surat yang berisi harapan dan hal-hal yang ingin dicapai dalam suatu tahun ke depan. Cara ini akan sangat membantu seluruh anggota keluarga untuk menanamkan apa yang seharusnya bisa diberikan, bukan apa yang seharunya didapat. Di akhir tahun, Anda bisa bersama-sama anggota keluarga membaca dan mendiskusikannya. 

4. Jadwalkan sehari dalam setahun untuk melakukan hobi yang disukai seluruh anggota keluarga. Misalnya: berkemah, memancing, atau sekadar nonton bersama anggota seluruh keluarga. Memasak resep baru atau mengobrol di taman pun dapat menjadi pilihan yang baik. 

(Sumber: Nova, 4 Januari 2006 dengan perubahan seperlunya)


CONTOH 2:

....
Di masa pertumbuhan, tentunya putra-putri Anda membutuhkan susu dengan nutrisi yang tepat. Berikan BONEETO, susu berkalsium tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang dan giginya. Kandungan kalsiumnya memenuhi kebutuhan kalsium harian anak Anda. BONEETO pilihan asyik untuk pertumbuhan putra-putri Anda. 
(Sumber: Nova, 25 April 2006 dengan perubahan seperlunya)


CONTOH 3:

Rasakan keindahan suara polyphonic dari speaker unik “Snowflake”. Anda akan terpesona pada keindahan dan kejernihan 40 nada dering polyphonic melalui speaker khususnya. Dengan fasilitas direct link untuk men-download games, wallpaper, dan nada dering, ekspresikan diri Anda ... sejernih yang Anda mau! 
The new J2001 by Sony Ericson. What’s your tune? 
(Sumber: Kompas, 22 Januari 2007 dengan perubahan seperlunya)


Berdasarkan contoh ketiga teks di atas, dapat diidentifikasi ciri-ciri paragraf persuasi adalah sebagai berikut. 

a. Bertujuan memengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan sesuai yang diharapkan penulisnya. 
b. Teks yang mengandung persuasi biasanya menggunakan segala upaya yang memungkinkan pembaca terpengaruh. 
c. Kadang-kadang menggunakan alasan yang tidak rasional. 
d. Paragraf persuasi biasanya terdapat dalam iklan atau dalam tips-tips tertentu. 
e. Dalam iklan, karangan persuasi ini disebut juga persuasif-provokatif.
-
Loading...