Ungkapan dalam Bahasa Indonesia dan Artinya

-->
Guruberbahasa.com-Ungkapan bahasa indonesia

1.    Ilustrasi
Ineke adalah siswa SDN di Jakarta. Pada pagi hari ia mencuri uang ibunya. Keesokan harinya ia mencuri pensil milik temannya. Ineke memang panjang tangan, jadi ia di jauhi teman-temannya.
Ungkapan    : Panjang Tangan
Arti         : Suka Mencuri

2.    Ilustrasi
Pada suatu hari Liona sedang membantu ibunya mengerjakan pekerjaan rumah. Kemudian teman Liona menjemput Liona untuk bermain. Tetapi Liona tidak mau karena takut ibunya lelah. Kemudian teman Liona berkata bahwa Liona adalah anak yang rendah hati.
Ungkapan     : Rendah Hati
Arti        : Baik (Tidak Sombong)

3.    Ilustrasi
Besok adalah ulang tahunnya Divo. Teman temannya sepakat untuk membuat kejutan untuk Divo. Dan Mama Papa nya Divo juga sepakat untuk membuat kejutan untuk Divo. Pada saat ulang tahunnya Divo, Divo sangat terkejut dan berbunga-bunga karena ulang tahunnya dirayakan bersama sama.
Ungkapan     : Berbunga bunga
Arti        : Senang/berbahagia/gembira

4.    Ilustrasi
Ani adalah seorang guru berumur 25 tahun. Saat dia berumur 29 tahun Ani mencari mata pencaharian menjadi dokter. Saat itu Ani dipecat. Ani mencari lagi mata pencahariansebagai Polwan, sampai sekarang.
Ungkapan     : Mata pencaharian
Arti        : Pekerjaan

5.    Ilustrasi
Rita adalah anak satu satunya dari keluarga kaya. Dia mendapatkan juara kelas setiap tahunnya. Rita menjadi anak emas dikelasnya. Rita juga menjadi anak emas dikeluarganya.
Ungkapan     : Anak emas
Arti        : Orang kesayangan

6.    Ilustrasi
Pada suatu hari, ada sebuah keluarga miskin yang bernama Stevan. Saat itu Ibu dan Ayah Stevan meninggal karena kecelakaan. Dia tidak punya keluarga lagi. Dia hanya hidup bersama Kakek dan Nenek. Saat beberapa tahun, Kakek dan Nenek Stevan meninggal. Sekarang Stevan harus banting tulang untuk kebutuhan hidupnya.
Ungkapan    : Banting tulang
Arti        : Bekerja keras

7.    Ilustrasi
Pada pagi hari Chili dan Chila berangkat ke sekolah dengan mengendarai sepeda. Saat Chila bersepeda, dia tidak tahu bahwa didepannya ada batu. Tiba tiba dia terjatuh dari sepedanya. Chili lalu menolong Chila sampai ke sekolah. Saat istirahat, Chila tidak membawa bekal lalu Chili memberi kue kepada Chila. Chila memang anak yang ringan tangan.
Ungkapan     : Ringan tangan
Arti        : suka menolong/suka memberi

8.    Ilustrasi
Suatu hari ibu Donata ingin pergi ke pasar. Saat mau pergi Donata memanggil Ibunya, karena ia ingin dibelikan oleh oleh. Lalu ibu Donata pulang dari pasar dan membelikan Donata oleh oleh. Ibu Donata baik karena membelikan buah tangan untuk Donata.
Ungkapan     : Buah tangan
Arti        : Oleh oleh

9.    Ilustrasi
Di suatu negeri, ada anak yang bernama Natasya Ayuningrat. Dia kaya dan pintar karena dia adalah darah biru. Dia selalu disayangi teman temannya. Orang tua nya sangat baik sekali.
Ungkapan     : Darah biru
Arti         : Keturunan bangsawan/ningrat

10.    Ilustrasi
Pada suatu hari Alfa mencuri pensilnya Indah. Saat indah ingin memakainya, tiba tiba pensilnya hilang. Indah mengadu kepada Ibu Guru. Lalu Alfa bilang kalau pensilnya dicuri oleh Diva. Ternyata Diva kambing hitam.
Ungkapan     : Kambing hitam
Arti        : Orang yang disalahkan

11.    Ilustrasi
Di pagi hari, ada seorang Bapak yang bernama Agung. Ia ingin pergi ke meja hijau karena ada yang melaporkan Pak Agung atas perbuatan yang ia buat. Pak Agung dilaporkan karena kasus penembakan. Pak Agung sangat menyesal karena telah menembak seorang anak perempuan.
Ungkapan     : Meja hijau
Arti        : Pengadilan


12.    Ilustrasi
Di sebuah desa ada anak yang bernama Kumiko. Ia memang anak keturunan Jepang. Orang tuanya telah meninggal semua. Dan semua saudaranya sudah jauh dari Jepang. Jadi Kumiko hidup sebatang kara.
Ungkapan    : Sebatang kara
Arti         : Hidup sendiri

0 Response to "Ungkapan dalam Bahasa Indonesia dan Artinya"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.