Iklan
Home » » Contoh Karangan Argumentasi Singkat Terbaru

Contoh Karangan Argumentasi Singkat Terbaru

Written By Mohammad Ridwan on 21 May 2016 | 07:24

Guruberbahasa.com- Contoh Karangan Argumentasi Singkat Terbaru

Pengertian Argumentasi (Bahasan) 

Tulisan ini  bertujuan  untuk  meyakinkan  atau mengubah  pendapat pembaca  atas  suatu  pendapat,  ideologi,  doktrin,  sikap,  atau  tingkah  laku  tertentu.   Dalam    tulisan  yang  bersifat  ilmiah,  jenis  karangan  ini  biasanya  digunakan  oleh penulis karena sebuah karya ilmiah harus dapat meyakink an pembaca  atas  topik  yang  diuraian  penulisnya.  Dengan  demikian,  penulis  harus  menyusun karangannya secara logis dengan alasan atau data yang mampu  meyakinkan pembaca.  Di bawah ini adalah contoh karangan argumentasi. 

Terkini  

Salah satu kosakata sangat aneh dalam bahasa Indonesia yang  banyak digunakan oleh media elektronik, terutama televisi,  adalah  ‘terkini’.  Sejumlah  stasiun  televisi  menggunakan  kata  itu  dengan  berbagai  variasi  ‘Kabar  Terkini’,  ‘Terdepan  dan  Terkini’,  ‘Indonesia  Terkini’, dan lain - la in. Adakah yang lebih kini sehingga ada yang terkini? 

Adakah waktu  bisa  kita  tangkap,  kita  bekukan,  menjadi  kini  yang  berhenti,  statis,  membeku, kemudian kita bikin yang lebih kini bernama terkini? Kini,  kemarin,  ataupun  esok  adalah  momen  yang  tak  mungkin  kita  tangkap. Begitulah absurditas waktu. Hanya tubuh kita yang menjadi  bukti  dan  saksi  yang  menangkap  jejak  waktu.  Bayi  bertumbuh  32 remaja,  muda,  berangsur  matang.  Setelah  itu,  tua,  kusut,  menopause, renta, surut.  

Bukan  karena  bahasa  Indonesia  tak  mengenal tenses lalu  kita  boleh
memakai kosakata dengan logika sembarangan. Melath logika,  melatih  otak,  bahkan  melatih  tubuh — tangan  kita  pun  sebenarnya  bisa mengingat apa yang tak diingat oleh otak kita — adalah bagian  bagian dari melatih kesadaran. Tiadanya kesada ran membuat jagat  kecil,  yaitu  dari  kita,  menjadi  morat - marit.  Korupsi  dan  segala  kejahatan turunannya adalah parihal diri manusia yang kacau.

(Disunting  dari  “Terkini”  oleh  Bre  Redana  dalam  Kompas  Minggu , 20 Desember 2012)
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Teks Argumentasi JUDUL Download Contoh Karangan Argumentasi Singkat Terbaru. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/05/contoh-karangan-argumentasi-singkat.html. Jangan Lupa Bagikan Contoh Karangan Argumentasi Singkat Terbaru ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.