Iklan
Home » » » Pengertian IDE POKOK dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran

Pengertian IDE POKOK dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran

Written By Mohammad Ridwan on 5 May 2016 | 14:08

Guruberbahasa.com- Contoh Paragraf Deduktif Induktif

Ide Pokok adalah rancangan yang tersusun di dalam pikiran,gagasan.atau merupakan suatu gagasan / pikiran utama dari sebuah paragraf / yang mendasari suatu paragraf.
 
Cara menemukan Ide pokok suatu paragraf.

1. Membaca dari keseluruhan teks bacaan.
2. Memahami isi bacaan teks bacaan tersebut.
3. Menemukan Ide pokok bacan.

Ide pokok terdapat dalam setiap paragraf .biasanya , ide pokok dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama atau kalimat topik. Paragraf yang Ide pokoknya terdapat di awal paragraf  disebut paragraf deduktif. Sedangkan paragraf yang Ide pokoknya terdapat di akhir paragraf disebut induktif. Jika ide pokok terdapat pada awal paragraf dan akhir paragraf dinamakan paragraf campuran.
 
Contoh Paragraf Deduktif

1. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan alam tersebut terdiri dari kekayaan alam yang bersumber dari darat, laut, dan dari dalam perut bumi. Kekayaan alam yang bersumber dari  darat misalanya hasil hutan. Sedangkan kekayaan alam yang bersumber dari laut misalnya ikan, rumput laut, dan mutiara. Sementara, kekayaan alam yang bersumber dari dalam perut bumi misalnya minyak, batu bara, emas, timah, nikel dan sebagainya.

Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas yaitu
Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah atau Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah.

2. Olahraga memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Olahraga apapun yang kita lakukan akan membantu kita untuk mengeluarkan keringan dalam tubuh. Selain itu, dengan rajin berolahraga kita juga akan menjadi lebih bersemangat. Kita juga dapat mmebakar lemak dan menjadikannya kalori atau energi. Contohnya adalah olahraga renang. Dengan berenang kita menjadi lebih segar, lengan menjadi kuat dan juga dapat mengatur napas agar lebih teratur. Olahraga basket selain dapat membantu meninggikan badan selama proses pertumbuhan, olahraga ini juga mampu membakar lemak dengan cepat karena banyaknya aktifitas yang dilakukan.
Dari contoh di atas, kita dapat melihat bahwa inti atau gagasan utama dalam paragraf di atas ada kalimat pertama. Hal itu dikarenakan, kalimat setelahnya hanyalah menjelaskan secera rinci olahraga dan manfaat apa yang didapat bagi tubuh. Dari contoh di atas, kita juga dapat melihat bahwa Kalimat Deduktif merupakan kalimat umum yang berada di awal sebuah paragraf. Fungsi dari Kalimat Deduktif adalah untuk mejadi patokan dalam membuat kalimat-kalimat penjelas dalam membuat paragraf deduktif.

Contoh Paragraf Induktif

Selain bisa membimbing dan mendidik anak-anaknya dalam pergaulan teknoloi, orangtua hendaknya harus pandai-pandai dalam memilih dan memilah aplikasi. Karena banyak aplikasi yang layak dan tidak layak untuk usia remaja. Pengawasan harus lebih ditingkatkan lagi agar anak mengerti dengan batasan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Selain itu, orang tua juga harus bisa membantu anak-anak untuk tidak hanya tertarik dengan smartphone nya, melainkan tertarik juga dengan lingkungan di sekitar mereka. Tanpa batasan yang jelas anak-anak pada masa remaja akan menjadi tidak beraturan dalam pergaulan. Salah-salah anak justru memiliki salah pergaulan dan terjebak dalam bergaulan bebas. Orangtua juga harus membimbing anak-anak mereka agar tidak kecanduan dalam menggunakan aplikasi apapun yang ada di dalam Hp mereka. Orangtua juga dapat mengawasi agar anak-anak tidak memiliki sifat yang apatis. Dengan demikian, peranan orantua sangat penting dalam membimbing anak-anak di zaman sekarang ini.
Dari contoh kutipan paragraf di atas, kita dapat melihat bahwa paragraf induktif memliki banyak kalimat penjelas yang berada di awal paragraf. Sedangkan kalimat inti atau kalimat utama berada di akhir paragraf. Berbeda dengan paragraf deduktif, paragraf induktif di akhiri dengan Kalimat Induktif sebagai kalimat umum atau kesimpulan di akhir paragraf.  

Contoh Paragraf Campuran

Keberadaan SMP Terbuka sangat membantu siswa miskin. Dengan adanya SMP
terbuka siswa yang orang tuanya tidak punya biaya untuk menyekolahkan anaknya kini bisa tersenyum lega. Anak-anak yang memiliki minat untuk melanjutkan jenjang sekolah dari SD ke tingkat SMP merasa terbantu dengan adanya SMP Terbuka. Banyak siswa miskin tetapi memiliki prestasi akademik yang cukup baik, kenyataan ini harus diperjaungkan. Dengan demikian SMP Terbuka memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswa miskin. 

Ide Pokok paragraf tersebut adalah keberadaan SMP terbuka sangat membantu siswa miskin. Kalimat tersebut dituliskan pada awal kalimat dan diperjelas/ diulang lagi di akhir kalimat.
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Induktif / Paragraf JUDUL Download Pengertian IDE POKOK dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/05/contoh-paragraf-deduktif-induktif-campuran.html. Jangan Lupa Bagikan Pengertian IDE POKOK dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.