Loading...

PENGERTIAN TINDAK TUTUR MENURUT PARA AHLI BAHASA

Guruberbahasa.com- Pengertian  Tindak Tutur 

Tindak tutur ( speech art ) merupakan unsur pragmatik yang melibatkan
  pembicara,  pendengar atau penulis pembaca serta yang dibicarakan. Dalam  penerapannya tindak tutur digunakan oleh beberapa disiplin ilmu. Adapun pengertian tindak tutur  yang di kemukakan oleh para ahli bahasa, antara lain: Austin, Searle, Chaer, dan  Tarigan. Austin (dalam Rusminto , 2010: 22) pertama kali mengemukakan istilah tindak tutur. 

Austin mengemukakan bahwa aktivitas bertutur tidak ha nya terbatas pada penuturan sesuatu,  tetapi juga melakukan sesuatu  atas dasar tuturan itu.  Pendapat  Austin ini didukung oleh Searle  (dalam Rusminto 2010: 22)  dengan mengatakan  bahwa unit terkecil komunikasi bukanlah kalimat, melainkan tindakan tertentu, seperti membuat pernyataan, pertanyaan, perintah, dan permintaan.

Selanjutnya  Searle (dalam Rusminto, 2010: 22)  mengemukakan bahwa tindak tu - tur adalah teori yang mencoba mengkaji makna bahasa yang didasarkan pada hu - bungan tuturan dengan tindakan yang dil akukan oleh penuturnya. Kajian tersebut  didasarkan pada pandangan bahwa (1) tuturan merupakan sarana untuk berkomunikasi dan (2) tuturan baru memiliki makna jika direalisasikan dalam tindak ko - munikasi nyata, misalnya membuat pernyataan, pertanyaan, perin tah, dan permintaan. Dengan demikian, tindakan merupakan karakteristik tuturan dalam komunikasi. Diasumsikan bahwa dalam merealisasikan tuturan atau wacan a, seseorang  berbuat sesuatu, y a itu performansi tindakan. Tuturan yang berupa performansi tin - dakan  ini disebut dengan tuturan performatif, yakni tuturan yang dimaksudkan untuk melakukan suatu tindakan.  

Chaer  (2004: 16)  menyatakan bahwa  tindak  tutur  merupakan  gejala  individual,  bersifat psikologis dan keberlangsungannya ditentukan oleh kemampuan bahasa si  penutur dalam menghadapi situasi tertentu. Dalam tindak tutur lebih dilihat pada  makna  atau arti  tindakan  dalam  tuturannya ,  sedangkan  Tarigan  (1990: 36)  menyatakan bahwa berkaitan dengan tindak tutur maka setiap ujaran atau ucapan  tertentu mengandung m aksud dan tujuan tertentu pula. Dengan kata lain, kedua  belah pihak,  yaitu penutur dan lawan tutur terlibat dalam suatu tujuan kegiatan  yang berorientasi pada tujuan tertentu. Sesuai dengan keterangan tersebut, maka  instrumen pada penelitian ini mengacu pa da teori tindak tutur. 

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tindak tutur adalah teori yang  mengkaji makna bahasa yang didasarkan pada hubungan tuturan dengan tindakan  yang dilakukan oleh penutur kepada mitra tuturnya dalam berkomunikasi. Arti - nya, tuturan baru bermakna jika direalisasikan dalam tindakan komunikasi nyata.
-
Loading...