Iklan
Home » » Kata Kerja pada Fabel Rusa dan Kura-kura

Kata Kerja pada Fabel Rusa dan Kura-kura

Written By Mohammad Ridwan on 31 Jul 2016 | 09:00

Rusa dan Kura-Kura

Hiduplah seekor rusa pada zaman dulu. Ia sangatlah sombong lagi pemarah. Kerap ia menyepelekan kekuatan hewan lain.

Disuatu hari si rusa berjalan-jalan di tepi danau. Ia bersua dengan kura-kura yang tampak cuma mondar-mandir saja. " Kura-kura, apa yang tengah engkau kerjakan disini? "


 " Saya tengah mencari sumber penghidupan, " jawab si kura-kura.
 
Si rusa mendadak geram mendengar jawaban si kura-kura. " Janganlah bertanding engkau, hei kura- kura! Engkau cuma mondar-mandir saja tetapi bertanding tengah mencari sumber penghidupan! "
    
Si kura-kura berupaya menuturkan, tetapi si rusa terus geram. Bahkan juga, si rusa meneror bakal mencapai badan si kura-kura. Si kura-kura yang kesal pada akhirnya menantang untuk mengadu kemampuan betis kaki.
    
Si rusa sangatlah geram mendengar tantangan si kura-kura untuk mengadu betis. Ia juga meminta supaya si kura-kura menendang betisnya terlebih dulu. " Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau dapat kerjakan! "
    
Si kura-kura tak bersedia mengerjakannya. Tuturnya, " Bila saya menendang betismu, engkau bakal jatuh serta tak dapat membalas menendangku. "
    
Si rusa semakin geram mendengar perkataan si kura- kura. Ia juga bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang. Saat dirasanya pas, ia juga menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.
    
Saat si rusa mengayunkan kakinya, si kura-kura selekasnya memasukkan kaki-kakinya ke tempurungnya. Sepakan rusa cuma tentang tempat kosong. Si rusa sangatlah geram merasakan tendangannya tak mengena. Ia lalu mencapai tempurung si kura-kura dengan kuat. Mengakibatkan badan si kura-kura tenggelam ke tanah. Si Rusa menganggap si kura-kura sudah mati. Ia juga meninggalkan si kura-kura.
    
Si kura-kura berupaya keras keluar dari tanah. Sesudah satu minggu berupaya, si kura-kura pada akhirnya sukses keluar dari tanah. Ia lantas mencari si rusa. Diketemukannya si rusa sesudah sekian hari mencari. " Bersiaplah Rusa, saat ini giliranku untuk menendang. "
    
Si rusa cuma melihat sepele kekuatan si kura-kura. " Kerahkan seluruh kemampuanmu untuk menendang betisku. Mari, janganlah ragu-ragu! "

Si kura-kura bersiaga serta mengambil ancang-ancang ditempat tinggi. Ia lantas menggulirkan badannya. Saat nyaris tiba di dekat badan si rusa, ia juga menambah badannya sampai badannya melayang. Si kura-kura mengincar hidung si rusa. Demikian kerasnya tempurung si kura-kura mengena sampai hidung si rusa putus. Saat itu si rusa yang sombong itu juga mati.

KATA KERJA YANG ADA PADA FABEL DI ATAS:

Menyepelekan, berjalan-jalan, mondar-mandir,  mencari, mendengar, bertanding, menuturkan, meneror, menantang, mengadu, meminta, menendang, mengerjakan, membalas, berancang-ancang, mengayunkan, memasukkan, merasakan, keluar.
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Cerpen JUDUL Download Kata Kerja pada Fabel Rusa dan Kura-kura. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/07/kata-kerja-pada-fabel-rusa-dan-kura-kura.html. Jangan Lupa Bagikan Kata Kerja pada Fabel Rusa dan Kura-kura ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.