Iklan
Home » » » Persamaan dan Perbedaan Teks Investigasi dan Teks Deskripsi

Persamaan dan Perbedaan Teks Investigasi dan Teks Deskripsi

Written By Mohammad Ridwan on 21 Jul 2016 | 21:17

Guruberbahasa.com/teks

Sebelum kita mencari perbedaan dan persamaan Teks Investigasi dan Teks Deskripsi, mari kita pahami dahulu ciri-ciri kedua teks ini.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Investigasi

Sebagai sebuah teks, teks teks investigasi memiliki ciri yang membedakan dengan jenis teks lainnya. Diharapkan dengan mengetahui ciri-ciri yang dimiliki teks investigasi ini diharapkan dapat mempermudah dalam memahami teks investigasi. Sesuai dengan kompetensi dasar menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang suatu hal dengan memilih dan memilah kosakata baku. Berikut ini beberapa ciri teks laporan investigasi.


- Struktur terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan penutup.
- Memuat informasi berdasarkan fakta.
- Fakta ditulis berdasarkan hasil penelitian/investigasi/pengamatan yang telah dilakukan.

Ciri-ciri  Teks Deskripsi
 
- Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
- Penggambaran tersebut dituangkan dalam sebuah paragraph yang dilakukan secara jelas dan melibatkan kesan pada sebuah indera
- Gambaran tersebut membawa pembaca menjadi seolah olah dapat melihat secara langsung tentang obyek yang digambarkan atau diceritakan tersebut
- Menceritakan ciri ciri khususnya ciri fisik seperti bentuk, ukuran, warna dan lain lain.

Dari sini kita bisa simpulkan bahwa:

Persamaan:
Keduanya sama-sama menjelaskan/memaparkan suatu hal sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (fakta).

Perbedaan:
Investigasi dalam memaparkan fakta harus melaluipengamatan yang medalam, sedangkan deskripsi dalam memaparkan fakta tidak harus melalui penelitian, tetapi hanya dengan menggunakan alat indera dan dalam waktu yang sekilas juga bisa dipaparkan. 

CONTOH:
(KITA AKAN MENGAMBIL OBJEK YANG SAMA YAITU CANDI CETO)

INVESTIGASI: 
 
Candi Ceto merupakan candi bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit (abad ke-15 Masehi). Lokasi candi berada di lereng gunung Lawu pada ketinggian 1496 m di atas permukaan laut dan secara administratif berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Kompleks candi digunakan oleh penduduk setempat dan juga peziarah yang beragama Hindu sebagai tempat pemujaan. Candi ini juga merupakan tempat pertapaan bagi kalangan penganut kepercayaan asli Jawa.

Laporan ilmiah pertama mengenai Candi Ceto dibuat oleh Van de Vlies pada tahun 1842. Selain itu, A.J. Bernet Kempers juga melakukan penelitian mengenainya. Ekskavasi (penggalian) untuk kepentingan rekonstruksi dan penemuan objek terpendam dilakukan pertama kali pada tahun 1928 oleh Dinas Purbakala (Commissie vor Oudheiddienst) Hindia Belanda. Berdasarkan keadaannya ketika reruntuhannya mulai diteliti, candi ini diperkirakan berusia tidak jauh berbeda dari candi Sukuh, yang cukup berdekatan lokasinya.

Ketika ditemukan, keadaan candi ini merupakan reruntuhan batu pada 14 teras/ punden bertingkat, memanjang dari barat (paling rendah) ke timur, meskipun pada saat ini tinggal 13 teras, dan pemugaran dilakukan pada sembilan teras saja. Strukturnya yang berteras-teras (Punden ber undak) memunculkan dugaan akan sinkretisme kultur asli Nusantara dengan Hinduisme. 

dan seterusnya.....

DESKRIPSI

Candi Ceto terletak di Dusun Ceto. Bentuknya yang khas, yaitu punden berundak yang memanjang dari barat ke timur sangat indah dilihat. Terlihat hanya 9 teras dari 13 teras yang ada telah dilakukan pemugaran. Terlihat pula candi ini sering didatangi oleh peziarah untuk melakukan pemujaan.

Jika kita perhatikan contoh di atas, untuk membuat teks investigasi, kita membutuhkan banyak sumber dan harus mencari informasi mendalam terhadap suatu objek. Sedangkan, untuk teks deskripsi, kita hanya bisa mengandalkan alat indera kita untuk menggambarkan objek tersebut. Intinya keduanya sama-sama memaparkan suatu hal/objek.
SEMOGA BISA MEMBANTU
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Teks Deskripsi / Teks Investigasi JUDUL Download Persamaan dan Perbedaan Teks Investigasi dan Teks Deskripsi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/07/persamaan-dan-perbedaan-teks.html. Jangan Lupa Bagikan Persamaan dan Perbedaan Teks Investigasi dan Teks Deskripsi ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

1 komentar:

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.