Loading...

2 CONTOH DEFINISI UMUM DAN DESKRIPSI BAGIAN

" Pasar Beringharjo , Pasar Terlengkap di Yogyakarta "

Deskripsi Umum

Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional di Yogyakarta yang menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yang mempunyai makna filosofis.
 

Wilayah ini mulanya adalah hutan pohon beringin,tetapi setelah berdirinya Keraton Yogyakartasekitar tahun 1758,wilayah ini di jadikan tempat transaksi ekonomi warga Yogyakarta dan sekitarnya.

Nama Beringharjo diberikan  oleh Sri Sultan Hamengku Buwono lX.Beringharjo berasal dari kata ‘Bering’ yang artinya hutan beringin dan ‘Harjo’ yang artinya memberikan kesejahteraan, jadi makna dari Beringharjo yakni hutan beringin yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Deskripsi Bagian

Pada depan dan belakang bagian barat pasar merupakan tempat memanjakan lidah dengan berbagai jajanan pasar,misalnya brem,dodol,nagasari,klepon,dan masih banyak lagi.
Di pasar ini juga tersedia koleksi lengkap berbagai macam jenis dan motif batik.Mulai dari pakaian yang sudah jadi atau pun yang telah siap pakai.Selain batik, terdapat kain katun,sutra, blangkon,sarung tenun,tas,sandal,sepatu dan masih banyak lagi.          

Di sebelah timur lantai dua merupakan pusat penjualan bahan dasar jamu tradisional dan rempah rempah.Sedangkan di lantai tiga bagian timur bisa kita jumpai pedagang barang antik dan barang import bekas yang berkualitas tinggi.

Walaupun pasar resmi tutup pukul 17.00 WIB,tetapi sebagian pedagang bagian depan pasar masih menawarkan jajanan khas. Seperti kelepon, martabak, varian oseng-oseng,kikil,gudeg, dan jajanan khas lainnya.


" Tari Reog Ponorogo "

Definisi umum      :
 
Tari Reog merupakan salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut,tepatnya kota Ponorogo yang dianggap sebagai kota asal tarian ini.Seni Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian 2 sampai 3 tarian pembukaan. Tarian pertama biasanya dibawakan oleh 6-8 pria gagah berani dengan pakaian serba hitam, dengan muka dipoles warna merah. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani. Berikutnya adalah tarian yang dibawakan oleh 6-8 gadis yang menaiki kuda. Pada reog tradisional, penari ini biasanya diperankan oleh penari laki-laki yang berpakaian wanita. Tarian ini dinamakan tari jaran kepang atau jathilan.

Deskripsi bagian   :
 
Dalam pertunjukan Reog biasanya ditampilkan "Singa barong",Bagian-bagian Singa Barong antara lain; Kepala Harimau (caplokan), terbuat dari kerangka kayu, bambu, rotan ditutup dengan kulit Harimau Gembong. Dadak merak, kerangka terbuat dari bambu dan rotan sebagai tempat menata bulu merak untuk menggambarkan seekor merak sedang mengembangkan bulunya dan menggigit untaian manik - manik (tasbih). Krakap terbuat dari kain beludru warna hitam disulam dengan monte, merupakan aksesoris dan tempat menuliskan identitas group reog. Dadak merak ini berukuran panjang sekitar 2,25 meter, lebar sekitar 2,30 meter, dan beratnya hampir 50 kilogram.

Selain Singa Barong,tokoh tokoh dalam tari reog di antaranya, Jathilan yaitu tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda yang sedang berlatih di atas kuda.Ada juga Warok, yaitu orang yang mempunyai tekad suci, memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih,Raja Kelono yaitu seorang raja sakti mandraguna yang memiliki pusaka andalan berupa Cemeti yang sangat ampuh dengan sebutan Kyai Pecut Samandiman,Bujang Ganong (Ganongan) atau Patih Pujangga Anom yaitu salah satu tokoh yang enerjik, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri sehingga di setiap penampilannya senantiasa di tunggu - tunggu oleh penonton khususnya anak - anak. Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang Patih Muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka dan sakti.
            
Reog modern biasanya untuk dipentaskan dalam beberapa peristiwa seperti pernikahan, khitanan dan hari-hari besar Nasional. Jika tarian daerah bisa dilestarikan maka akan memperkaya budaya bangsa Indonesia dan juga bisa untuk mengisi karnaval karnaval daerah agar masyarakat semakin mengenal budaya Indonesia khususnya tarian daerah.
 
SUMBER: SINI
-
Loading...