Loading...

CONTOH KARANGAN EKSPOSISI SINGKAT TERBARU

Eksposisi itu adalah menyingkapakan. Dan sesuatu yang disingkapakan itu adalah sesuatu yang selama ini tertutup, terlindung, atau tersembunyi. Dalam hal wacana eksposisi, yang disingkapkan itu adalah buah pikiran atau ide, perasaan atau pendapat penulisnya, untuk diketahui orang lain. Oleh karena itu, terlebih dahulu haruslah ada suatu hal, suatu buah pikiran, atau suatu isi hati, atau suatu pendapat, yang akan diungkapkan. Di dalam eksposisi, sesuatu yang akan diungkapkan ini disebut tesis (ini kira-kira sama dengan apa yang kita sebut dengan tema ketika kita membicarakan narasi). (Ismail Marahimin, 2005: 193)


Sekarang, apakah yang dimaksud eksposisi dan bagai mana karakteristik nya? Untuk memperoleh penjelasan tersebut, bacalah  terlebih dahulu contoh karangan eksposisi berikut.

Cara Menggunakan Komputer 

Jika akan menyala kan komputer, kamu harus memerhatikan langkah-lang kah yang tepat. Hal itu penting agar komputer ter hindar dari kerusakan. Berikut penjelasannya. 

Langkah pertama adalah masukkan steker komputer ke sumber listrik, lalu menyalakan stabilizer listrik. Jika lampu telah berwarna merah menyala, menandakan listrik sudah mengalir ke komputer. 

Kemudian, tekan tom bol "power" sampai terdengar bunyi ber- dengung lembut tanda perangkat harddisk/ memori komputer bekerja. Setelah itu, tekan tombol layar di bawah kaca monitor sampai muncul tanda "Windows 2000, XP atau Vista". Kemudian klik tanda "start" untuk memilih menu untuk mengetik atau me ngerja kan sesuatu, misal nya pilih menu "Microsoft Word".  Setelah klik, mesin langsung bekerja, ter buka  dan ada halaman layar kosong yang siap di ketik.  Ketiklah bahan yang perlu diketik. 

Selesai mengetik, sim pan  lah hasil ketikan secara aman dalam memori dengan menekan ikon disket pada toolbar atau klik "save". Setelah itu, pilihlah file "close" atau klik ikon "X" di ujung layar kerja sampai muncul gambar menu kom puter dan huruf start. 

Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar  monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer. 

Jika Anda perhatikan, bacaan tersebut menjelas kan suatu proses, yakni proses menggunakan komputer. Pola pengembangan proses dalam bacaan tersebut termasuk pada pengembangan paragraf eksposisi. 

Paragraf eksposisi yakni paragraf yang berusaha me nerangkan atau menjelaskan pokok pikiran yang dapat mem perluas  pengetahu an pembaca. Paragraf ini bertujuan me nyampai kan fakta-fakta secara teratur, logis, dan saling bertautan dengan maksud untuk menjelaskan suatu ide, istilah, masalah, proses, unsur-unsur sesuatu, atau hubung an sebab-akibat agar di ketahui  oleh orang lain. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa  paragraf eksposisi mempunyai ciri: 

1. memberikan penjelasan terhadap bagaimana sesuatu itu  terjadi atau bekerja; 
2.  disusun berdasarkan urutan yang sistematis dan saling  bertautan;
3. adanya hubungan sebab-akibat; 
4. memperluas pengetahuan pembaca.
-
Loading...