Iklan
Home » » CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI SINGKAT DAN PENJELASANNYA

CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI SINGKAT DAN PENJELASANNYA

Written By Mohammad Ridwan on 2 Sep 2016 | 18:48

Karangan argumentasi merupakan karangan yang memberikan alasan kuat dan meyakinkan agar pembaca mengikuti dan mengakui kebenaran gagasan penulis. Pada umumnya, karangan  argumentasi banyak mengemukakan alasan, contoh, atau bukti  yang kuat. Contoh tulisan argumen tasi yang mudah Anda kenali adalah karya tulis ilmiah. 


Beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menulis karangan argumentasi di antaranya:

1. berpikir positif, kritis, dan logis; 
2. mampu mencari, mengumpulkan, memilih fakta yang sesuai  dengan tujuan, serta mampu merangkaikan untuk membuktikan keyakinan atau pendapat; 
3. menjauhkan emosi dan unsur subjektivitas; 
4. mampu menggunakan bahasa secara baik dan benar, efektif,  dan tidak menimbulkan penafsiran ganda (ambigu). 

Perhatikan contoh paragraf argumentasi berikut.

Sebelum menjalani tes masuk perguruan tinggi, lulusan SMA sebenarnya sudah dihadapkan pada ujian. Mereka harus memilih jurusan dan jenis sekolah yang tepat. Mereka juga harus cermat memilih faktor-faktor yang memengaruhi proses belajarnya nanti. 

Akan tetapi, ada orangtua yang sangat berambisi untuk memajukan anak sesuai dengan kehendaknya. Alasannya untuk mewujudkan cita-cita dan impian orangtuanya sendiri. Hal ini menyebabkan anak menjadi terbelenggu, tidak kreatif, dan tidak mandiri. Di sisi lain, orangtua pun akhirnya tidak mengukur kemampuan anak sesuai minat dan bakatnya. 

Sumber: Harian Umum Pikiran Rakyat, 13 Juni 2004

Jika Anda perhatikan, paragraf tersebut menjelaskan pendapat dengan berbagai keterangan dan alasan. Hal ini di maksudkan untuk meyakinkan pembaca. Selain itu, paragraf ter sebut  dikembangkan dengan pola pengembangan sebab akibat. 

Hubungan sebab akibat mula-mula bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui, kemudian bergerak maju menuju suatu kesimpulan sebagai efek atau akibat. Efek yang muncul dapat berupa efek tunggal dan efek jamak (bersama-sama). 

Berdasarkan paragraf tersebut dapat kita identifikasi bahwa penyebab anak menjadi terbelenggu, tidak kreatif, dan tidak mandiri  adalah akibat orangtua yang terlalu memaksakan keinginannya. 

Ciri-ciri paragraf argumentasi dapat kita identifikasi sebagai berikut.

1. Paragraf argumentasi mengandung kebenaran untuk meng ubah  sikap dan keyakinan orang mengenai topik yang dibahas. 
2. Paragraf argumentasi mengandung data atau fakta-fakta yang  dapat dipertanggungjawabkan. 
3. Penjelasan dalam paragraf argumentasi disampaikan secara logis.
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Teks Argumentasi JUDUL Download CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI SINGKAT DAN PENJELASANNYA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/09/contoh-paragraf-argumentasi-singkat-dan.html. Jangan Lupa Bagikan CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI SINGKAT DAN PENJELASANNYA ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.