Iklan
Home » » Pengertian Kohesi dan Koherensi dalam Wacana serta Contohnya

Pengertian Kohesi dan Koherensi dalam Wacana serta Contohnya

Written By Mohammad Ridwan on 25 Sep 2016 | 10:30

a. Kohesi 
 
Kohesi merupakan hubungan keterkaitan antarposisi yang dinyatakan secara ekplisit oleh unsur-unsur gramatikal dan semantik dalam kalimat-kalimat yang membentuk wacana (Hasan Alwi, 2003:427). Jika dalam sebuah wacana terdapat keserasian hubungan antarunsur-unsur yang ada dalam wacana maka wacana tersebut merupakan wacana yang kohesif. 
 

Contoh:
Seminggu lamanya Udin dan Siti berlibur di rumah pamannya. Udin dan Siti memperoleh banyak informasi baru mengenai tanaman jagung untuk melengkapi tugasnya membuat laporan. Informasi itu antara lain adalah bahwa jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai tempat, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu, dia juga mencari gambar-gambar tentang perkembangbiakan tanaman jagung untuk melengkapi laporannya.   
Wacana di atas termasuk wacana yang tidak kohesif. Penggunaan kata ganti dia  pada kalimat tersebut tidak jelas mengacu kepada Udin atau Siti. Wacana tersebut menjadi kohesif jika kata ganti dia diganti dengan mereka.

b. Koherensi 
 
Koherensi adalah pengaturan secara rapi kenyataan dan gagasan, fakta dan ide  menjadi suatu untaian yang logis sehingga mudah memahani pesan yang dikandungnya. Koherensi merupakan keterkaitan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya sehingga wacana tersebut mempunyai kesatuan makna yang utuh. 

Contoh:
Pak Gani memilih bertanam singkong di ladangnya. Ladang Pak Gani cukup luas. Pak Gani bertanam singkong, karena menurutnya nilai jual tanaman singkong cukup tinggi. Daun singkong dapat dijual untuk dimasak sebagai sayur. Di samping itu, umbinya merupakan salah satu bahan makanan penghasil karbohidrat.  

Wacana di atas adalah wacana yang koheren karena terdapat kesatuan makna kalimat-kalimat yang ada di dalamnya.
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Imbuhan JUDUL Download Pengertian Kohesi dan Koherensi dalam Wacana serta Contohnya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/09/pengertian-kohesi-dan-koherensi-dalam.html. Jangan Lupa Bagikan Pengertian Kohesi dan Koherensi dalam Wacana serta Contohnya ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.