Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama: Soal Ujian Bahasa Indonesia SD 2016

>
Menentukan kalimat utama paragraf tentang makhluk hidup atau lingkungan.


Pada soal-soal di bawah ini, kami tidak hanya memilih paragraf tentang makhluk hidup atau lingkungan saja, tetapi juga paragraf tentang tema yang lain. Diharapkan siswa lebih bisa memahami cara mencari kalimat utama. Sehingga apapun tipe soal dan temanya, siswa bisa menjawab pertanyaan tersebut.

1.    (1) Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. (2) Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.

Kalimat Utama paragraf di atas adalah Kalimat nomor....
Jawaban: Kalimat Nomor 4. Karena kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat yang lain. Kalimat 1, 2, dan 3 adalah gagasan penjelas karena isinya memperjelas gagasan kalimat 4.

2.    1) Penebangan hutan menjadi penyebab utama kerusakan habitat kupu-kupu. 2) Setiap jenis kupu-kupu sangat tergantung pada jenis pohon tertentu. 3) Jika jenis pohon yang ditebang semakin banyak, jenis kupu-kupu di Indonesia akan semakin berkurang. 4) Julukan sebagai "Negeri Kupu-Kupu" bagi Indonesia pun tidak sesuai lagi.

Kalimat Utama paragraf di atas adalah Kalimat nomor....
Jawaban: Kalimat Nomor 1.

3.    Ayam serama sangat menyenangkan untuk dipiara. Ayam tersebut pandai memikat hati. Ayam terkecil di dunia ini gayanya penuh aksi. Jika kita perhatikan, ayam ini segera mengangkat dada dan meluruskan ekornya tegak ke atas hingga 90 derajat. Kemudian ayam tersebut mengibaskan kedua sayapnya.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ....
Jawaban: Ayam serama sangat menyenangkan untuk dipiara

4.    Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ....
Jawaban: Orang yang akan pensiun tidak perlu stres.

5.    Ini adalah pelajaran yang mesti diketahui setiap orang tua. Doa mereka sungguh ajaib jika itu ditujukan pada anak- anak mereka. Jika orang tua ingin anaknya menjadi saleh dan baik, maka doakanlah mereka karena doa orang tua adalah doa yang mudah diijabahi. Jika orang tua mendoakan jelek pada anaknya, maka itu pun akan terkabulkan. Jadi, orang tua mesti hati-hati dalam mendoakan anaknya.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ....
Jawaban: Jadi, orang tua mesti hati-hati dalam mendoakan anaknya.

PREDIKSI SOAL US DI SINI

0 Response to "Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama: Soal Ujian Bahasa Indonesia SD 2016"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.