Soal Ujian SD 2016: Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia SD.


Kalimat Utama merupakan kalimat inti yang digunakan sebagai acuan pengembangan menjadi sebuah paragraf. Ide pokok adalah inti dari sebuah paragraf atau kita bisa simpulkan dari kalimat utama. Bisa jadi, kalimat utama dan ide pokoknya sama. Jadi, untuk menemukan ide pokok, kita (harus) menemukan dahulu kalimat utamanya.

1.  Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang lucu, tetapi mengandung unsure pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama.

Ide Pokok paragraf di atas adalah....
Ide Pokok : Bacaan yang baik untuk anak
Kalimat Utamanya  : Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula.

2.  Sudah ada ide tetapi sukar untuk dituangkan. Selalu dihadapkan dengan persoalan apa yang hendak ditulis? Seberapa panjang tulisan yang akan ditulis. Keringnya pengetahuan terhadap topik yang hendak dikembangkan. Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.

Ide Pokok : Pengalaman belajar menulis
Kalimat Utamanya  : Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.


3.       (1) Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. (2) Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.

Ide Pokok:  Aremania suporter yang peduli. Atau Kepedulian Aremania.
Kalimat utamanya: Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.

4.       Ayam serama sangat menyenangkan untuk dipiara. Ayam tersebut pandai memikat hati. Ayam terkecil di dunia ini gayanya penuh aksi. Jika kita perhatikan, ayam ini segera mengangkat dada dan meluruskan ekornya tegak ke atas hingga 90 derajat. Kemudian ayam tersebut mengibaskan kedua sayapnya.

Ide Pokok: Ayam serama sangat menyenangkan untuk dipiara. Atau
Memelihara ayam serama
Kalimat Utama: Ayam serama sangat menyenangkan untuk dipiara.

5.       1) Penebangan hutan menjadi penyebab utama kerusakan habitat kupu-kupu. 2) Setiap jenis kupu-kupu sangat tergantung pada jenis pohon tertentu. 3) Jika jenis pohon yang ditebang semakin banyak, jenis kupu-kupu di Indonesia akan semakin berkurang. 4) Julukan sebagai "Negeri Kupu-Kupu" bagi Indonesia pun tidak sesuai lagi.

PREDIKSI SOAL US DI SINI

Ide Pokok: Rusaknya habitat Kupu-kupu
Kalimat Utama: Penebangan hutan menjadi penyebab utama kerusakan habitat kupu-kupu.