Contoh soal: Menentukan keteladanan tokoh cerita

>


1.         Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan  mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.
Sifat yang diteladani dari dari tokoh di atas adalah....
a.         Tinggi hati dan ramah
b.         Rendah hati dan ramah
c.          Sombong dan rendah hati
d.         Tinggi hati dan sombong 


2.         Ternyata tidak seorang pun yang ditanyainya paham tentang budidaya ulin. Padahal, ulin merupakan pohon hutan yang kayunya dikenal keras dan tidak lapuk meskipun lama direndam. Herry pun membulatkan tekad untuk meneliti sendiri cara budidaya ulin. Tahun 2000, ketika pergi ke hutan Tabalien di Kabupaten Gunung Mas, Herry mengumpulkan biji pohon ulin. Setahun  kemudian, biji-biji itu dia tanam di pekarangan rumahnya di Palangkaraya. Satu tahun berlalu, tetapi tidak ada tanda-tanda biji ulin akan tumbuh. Semangat Herry tidak hilang sampai di situ. Dia tetap melakukan eksperimen dengan cara lain.


Keteladan yang dapat diambil dari tokoh Herry adalah ... .
a.         Kehidupan yang sulit tidak membuat Herry putus asa.
b.         Herry tidak putus asa dan terus mencoba meski mengalami kegagalan.
c.          Dukungan keluarga menambah semangat Herry untuk berusaha.
d.         Herry suka sekali melestarikan alam.

3.                   Bacalah puragraf berikut!
Gagasan Muhammad Yamin mengenai pentingnya mempersatukan bangsa dengan cara menyatukan bahasa, patut diacungkan jempol. Dengan usianya yang masih muda belia itu, Muhammad Yamin sudah memiliki rasa (patriotik) kebangsaan yang tinggi. Peran Muhammad Yamin dalam mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia dan memajukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, diakui oleh pakar sejarah. Hampir semua buku sejarah menyinggung Muhammad Yamin sebagai pencetus gagasan diselenggarakannya Kongres Pemuda 28 Oktober l928 itu. yang menghasilkan tiga butir Sumpah Pemuda yang salah satu isinya berbunyi menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Keteladanan tokoh Muhammad Yamin yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah....
A.        Muhammad Yamin salah seorang pejuang bangsa Indonesia.
B.         Pencetus ide persatuan bangsa dengan mempersatukan bahasa di Nusantara.
C.         Seorang pemuda patriotik sejati yang patut ditiru kaum muda zaman sekarang.
D.        Ketua Indonesia Muda (1928), anggota Partindo, dan anggota volksraad.

0 Response to "Contoh soal: Menentukan keteladanan tokoh cerita"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.