Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Contoh Soal: Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu

.
.
Loading...


1.    Menjangan dan macan bertengkar sebab macan ingin menyantap menjangan. Menjangan tidak bersedia disantap. Macan beralasan bahwa ia melakukan itu karena ia bermimpi makan menjangan.

Kemudian mereka berdua meminta keadilan kepada penguasa hutan rimba, sang gajah. Namun, karena gajah telah diancam oleh macan, ditambah lagi dijanjikan akan dihadiahi makanan kesukaanya, maka keputusan gajah berpihak kepada macan. Namun, sebelum gajah memberi keputusan mengijinkan macan menyantap manjangan, tiba-tiba dilihatnya sang kancil menaiki atap rumah gajah sambil membawa obor. Kancil ingin membakar rumah gajah karena telah bermimpi membakar rumah gajah. Gajah malu dan sadar sehingga gajah kembali bertindak adil.

Maksud pernyataan yang digarisbawahi pada cerita di atas adalah....
a.       Gajah yang awalnya berpihak pada menjangan akhirnya bersikap adil.
b.      Gajah yang awalnya tidak berpihak pada siapa-siapa, akhirnya gajah berpihak pada gajah
c.       Gajah tidak adil kepada macan dan menjangan.
d.      Gajah yang awalnya berpihak pada macan, akhirnya memutuskan sesuatu yang adil.

2.    Bakat menulis Sony sudah muncul sejak dini. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah  seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu  membahagiakan hati orang-orang yang membacanya.  
Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang  dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah.
Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. 


Maksud pernyataan yang digarisbawahi pada cerita di atas adalah....
a.       Bakat menulis Sony karena selalu diajari oleh ayahnya.
b.      Bakat menulis Sony karena sering melihat ayahnya menulis.
c.       Bakat menulis Sony mungkin turunan dari ayahnya yang juga penulis.
d.      Bakat menulis Sony membuatnya selalu menjadi juara.

3.    Mertua Si Kabayan sangat jengkel kepada menantunya. Setiap hari Si Kabayan hanya bermalas- malasan. Saat mertuanya meminta bantuan, Si Kabayan selalu menolak dengan segala macam   alasan. Semua nasihat mertuanya sedikit pun tidak mengubah sikap jeleknya itu. “Dasar Kabayan si Tebal Muka!” umpat mertuanya. 

Dasar Kabayan si Tebal Muka!”
Maksud dari penggalan kalimat tersebut adalah … 
a.    Kabayan adalah orang yang berkulit muka tebal.
b.    Kabayan adalah orang yang tidak tahu malu.
c.     Kabayan adalah orang yang malas bekerja.
d.    Kabayan adalah orang yang suka melawan. 
Loading...
Back To Top