Contoh Soal: Menentukan Tema Cerita

>

1.    Pada suatu senja dengan hati-hati aku utarakan permintaanku kepada ibu. Aku ingin, ibu membelikan aku sepeda baru. Ibu diam saja, tidak menolak, juga tidak mengiyakan. Ibu masuk kamar. Beberapa saat kemudian aku susul ibu ke kamar. Ternyata, Ibu sedang menelungkup di ranjang sambil menangis tersedu-sedu. Aku kasihan melihat ibu menangis. Ibu mengucurkan air mata. Air mata Mengucur sangat deras. Dengan terbata-bata ibu berbisik, ”Anakku, Inu tidak punya uang.”  Hingga saat ini tangis ibu saat masih jelas teriang di telingaku. 
Tema paragraf tersebut adalah ….
a.         keluarga 
b.        budi pekerti
c.         peristiwa 
d.        transportasi

2.    Komputer sangat meringankan beban manusia dalam bekerja. Komputer dapat membantu manusia mengetik, menyimpan data, atau menganalisis data. Komputer tidak hanya membantu pekerjaan. Komputer dapat memberi hiburan bagi manusia. Saat bosan manusia bisa mendengarkan musik dan bermain game dari komputer.
Paragraf tersebut mengandung tema. …
A.      Teknologi
B.      Pekerjaan
C.      Pengolahan Data
D.      Hiburan


3.    Mertua Si Kabayan sangat jengkel kepada menantunya. Setiap hari Si Kabayan hanya bermalas-malasan. Saat mertuanya meminta bantuan, Si Kabayan selalu menolak dengan segala macam  alasan. Semua nasihat mertuanya sedikit pun tidak mengubah sikap jeleknya itu. “Dasar Kabayan si Tebal Muka!” umpat mertuanya. 
Tema cerita tersebut adalah ….
A.             kejengkelan mertua Si Kabayan 
B.             kemalasan Si Kabayan
C.             penolakan Si Kabayan
D.             sikap jelek Si Kabayan


 4.    Cara yang umum dipakai untuk membuang sekam adalah dengan membakarnya di tempat terbuka atau di sawah-sawah. Namun untuk membakarnya kita pun harus hati-hati. Kita harus terlebih dahulu mengetahui ke mana arah angin. Bila arah angin bertiup ke kampung-kampung, kita tidak boleh membakar sekam tadi. Karena hal itu dapat mengakibatkan pencemaran udara bagi kampung- kampung tersebut. Asap hitam adalah akibat pembakaran yang akan dibawa angin kearah kampung-kampung bersangkutan.
Tema paragraf di atas adalah . . . .
A.                  Sekam sebagai baham pencemaran
B.                   Cara membakar sekam yang benar
C.                   Pembakaran sekam di sawah
D.                  Cara menghindari bahaya sekam

5.    Sesungguhnya sungai banyak bermanfaat bagi masyarakat. Selain untuk mengairi areal persawahan, masih banyak manfaat yang lain seperti untuk sumber bahan baku air minum yang diolah oleh PAM dan sarana transportasi masyarakat. Bahkan, di beberapa daerah, sungai menjadi tempat objek wisata yang menarik. Tetapi karena kecerobohan masyarakat membuang sampah dan limbah ke sungai, menjadikan sungai sebagai penyebab terjadinya banjir yang menyengsarakan masyarakat. Seharusnya masyarakat ikut menjaga kelestarian air sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Tema paragraf tersebut adalah . . . .
a.                   kesehatan
b.                   bencana alam
B.                   lingkungan
C.                   kehidupan



0 Response to "Contoh Soal: Menentukan Tema Cerita"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.