Loading...

Contoh Kalimat Ungkapan dalam Bahasa Indonesia TERBARU

1   Panjang Tangan
    Artinya    : Suka Mencuri
    Ilustrasi    :
Anton adalah seorang anak petani.Ia selalu membantu ayahnya bekerja.Saat ayahnya mendapat banyak uang,Anton dan ayahnya menyimpan uang itu.Saat beberapa hari,Anton sangat membutuhkan uang itu.Anton langsung saja mengambil uang itu dari tempat penyimpanannya,tetapi ia tidak meminta izin kepada ayahnya.
2   Rendah Hati
     Artinya    : Baik atau Tidak Sombong
     Ilustrasi    :
Salsa adalah orang yang sangat pintar di kelasnya.Saat di sekolah ia selalu mendapatkan nilai yang terbaik.Setiap temannya sedang kesulitan,ia selalu membantu temannya dengan ikhlas.Walaupun Ia selalu mendapat peringkat pertama,ia tidak pernah sombong kepda siapapun.
3   Otak Udang
     Artinya    : Bodoh
     Ilustrasi    :
Toni adalah seorang anak kelas lima SD.Dia sering tidak naik kelas.Toni juga jarang belajar.Pekerjaannya hanya bermain.Saat di kelas,Toni sering ditegur oleh gurunya.Karena dia sering tidur di kelas.Orangtuanya sering dipanggil oleh kepala sekolah.Pada kenaikan kelas Toni tidak naik kelas lagi.
4   Mata Pencaharian
     Artinya    : Pekerjaan
Ilustrasi        :
Doni adalah anak yatim.Dia tulang punggung keluarganya.Ayahnya sudah meninggal dunia dua tahun yang lalu.Sedangkan ibunya sakit-sakitan.Doni bekerja sebagai buruh tani.Penghasilannya berkecukupan.Uangnya hanya cukup untuk membiayai pengobatan ibunya yang sedang sakit keras.Sedangkan untuk makan sehari,Doni harus menambah pekerjaan sebagai tukang mencuci motor.
5   Anak Emas
     Artinya    : Orang kesayangan
    Ilustrasi    :
Nito adalah anak kesayangan guru kelasnya.Nito disukai oleh guru kelasnya,karena Nito pintar.Walaupun,Nito pintar,tetapi dia sangat sombong.Dia tidak mau mengajari teman-temannya,sehingga teman-temannya menjauhi dirinya.Tetapi,gurunya selalu membela Nito.Karena Nito itu anak kesayangannya.
6   Ringan Tangan
     Artinya    : Suka Menolong
     Ilustrasi    :
   Mala adalah anak yang baik.Ia selalu menolong temannya yang sedang kesusahan.Suatu sore,Mala sedang berjalan-jalan.Tidak sengaja,Mala bertemu dengan Amara yang sedang jatuh dari motor.Lalu Mala bergegs dengan cepat untuk menolong Amara.Mala menolong Amara dengan ikhlas Tanpa memikirkan apapun.
7   Lurus Hati
     Artinya    : Jujur
     Ilustrasi    :
Haidar adalah orang yang sangat jujur.Ia tidak pernah berbohong kepada kedua orangtuanya maupun orang lain.Setiap ia berbuat salah,ia selalu meminta maaf kepada orangtuanya.Setiap di sekolah,Haidar tidak pernah dibenci oleh temannya,gurunya,dan orang lain.Haidar selalu mendapat nilai sikap terbaik di kelasnya.
8   Mata-Mata
     Artinya    : Kaki Tangan Musuh
    Ilustrasi    :
Tina sedang bermusuhan dengan Rina.Tina memiliki teman bernama Mela.Ternyata Tina menyuruh Mela untuk memata-matai si Rina.Lalu, Mela ketahuan oleh Rina dan teman-temannya.Mela langsung menceritakan kepada Rina yang sesungguhnya.
9   Lintah Darah
    Artinya    : Pemerasan (Rentenir)
    Ilustrasi    :
Pada suatu hari,Toni meminjam uang kepada si Gilang.Ternyata bapaknya Gilang seorang rentenir.Toni meminjam uang kepada Gilang hanya Rp1.000.Tetapi,bunganya dalam sehari adalah Rp4.000.Toni belum membayar selama dua minggu.Langsung bapaknya Gilang datang ke rumah Toni dengan muka marah.Bapaknya Gilang menceritakan semua yang telah diperbuat oleh anaknya kepada ibunya Toni.Agar utangnya dibayar dan ples bunganya jadi,semuanya adalah Rp56.000.
10  Berat Hati
       Artinya    :
      Ilustrasi    :
Pada suatu hari,Udin membawa kue ulang tahunnya ke sekolah.Saat istirahat,Udin memakan kue itu.Teman-temannya meminta kue yang dibawa oleh Udin.Si Udin akhirnya member kue itu.Tetapi di dalam hati Udin dia tidak ikhlas.Hanya tadi di sekolah dia hanya terpaksa.Pada sore hari,si Udin bertemu dengan teman-temannya.Dia langsung berkata”bahwa teman-temannya harus membayar kue yang tadi dia minta di sekolah.


 11   Rendah Diri
       Artinya    : Minder
      Ilustrasi    :
Pada hari Jumat,Rika membawa kalung emas ke sekolah.Ternyata di kelas ada salah satu anak yang minder.Nama anak itu adalah Dewi.Sepulang sekolah,Dewi meminta kalung emas seperti Rika.Tetapi,ibunya tidak memiliki uang untuk membeli kalung itu.Si Dewi tetap membantah ibunya untuk membelikannya.Saat di sekolah,Dewi pun langsung mencuri kalung milik Rika.Lalu Rika langsung melaporkan kepada guru kelasnya.Ternyata benar Dewi yang telh mencuri kalung Rika.Dewi langsung menceritakan yang sesungguhnya.
12  Perang Dingin
      Artinya    : Perang Tanpa Senjata
     Ilustrasi    :
Pada suatu pagi,Umar mengadu domba kepada temannya yang sedang bermusuhan.Di sekolah Umar bicara kepada Bram,bahwa Amir sudah melaporkan kepada guru tentang permasalahannya kemarin.Umar memberi tahukan kepada Amir,bahwa si Bram ingin berbuat curang kepadanya.Akhirnya Amir dan Bram bertemu di ruang guru.Dia berdua pun langsung adu mulut.Setelah beberapa jam,ibu guru langsung melerai mereka berdua.Mereka berdua langsung menceritakan kepada gurunya yang sesungguhnya.Lalu ia berdua di suruh saling meminta maaf.Akhirnya mereka berdua saling berteman.Walaupun bajunya sobek-sobek.
-
Loading...