Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Contoh Laporan Observasi BIOTA LAUT

Guruberbahasa.com Teks Laporan Observasi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat kaya dengan kehidupan biota laut. Indonesia memiliki banyak taman laut yang bukan hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Daerah Papua yang masih perawan memiliki biota laut yang sangat khas, begitu juga beberapa perairan di Maluku.  Kita bangga memiliki taman laut yang indah dan terkenal itu. Daerah  wisata itu akan terganggu ekosistemnya jika kita tidak menjaganya. Untuk itu, pemerintah harus mempunyai aturan agar biota laut Indonesia dapat hidup aman dan bermanfaat bagi kita.

BIOTA LAUT 
Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah. Biota laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut  yang menjadi bagian dari ekosistem laut.  

Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi. 

Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan lain di laut Indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, baronang. Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki  tumbuhan laut. Di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu, misalnya dibudidayakan rumput laut dan penanaman bakau. Rumput laut di sini sangat beragam bentuknya, ada yang bulat seperti tabung, pipih dan gepeng, ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti rambut. Semua dapat hidup karena perawatannya dipantau secara berkala untuk melihat perkembangannya.  

Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi.  Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Menado. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telah menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.

Tag : Teks Laporan
1 Komentar untuk "Contoh Laporan Observasi BIOTA LAUT"

Terima kasih Gan, iinfonya sngat mmbntu

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.

Back To Top