Loading...

Ungkapan Bahasa Indonesia Lengkap Beserta Arti dan Ilustrasinya

Guruberbahasa.com. Ungkapan

1.Di salah satu sekolah dasar negeri. Ada anak yang tinggi hati. Ia bernama Sopo ia tinggi hati karena ia sombong dalam kejuaraan olimpiade karate. Ia sangat sombong sehingga di benci temannya.
Ungkapan:Tinggi hati
Arti:Sombong

  2.Di salah satu perkampungan ada seorang anak yang berotak udang. Ia adalah anak yang putus sekolah. Ia putus sekolah karena ia malas belajar dan malas sekolah. Ia bernama Motu.
Ungkapan:Otak udang
Arti:Bodoh

3.Di salah satu sekolah dasar garuda putih ada guru yang naik darah. Ia bernama Bruno. Ia sering marah karena murid-muridnya yang nakal. Sekarang ia sudah tidak mengajar lagi,karena ia stres. Ia stress dan masuk RSJ. Dan sekarang pun dia menjadi gila.
Ungkapan:Naik darah
Arti:Marah

4.Hero adalah anak yang pintar. Dia selalu mendapat rangking pertama. Dia juga suka mengajari temannya yang kurang bias. Dan dia juga tidak pernah sombong.
Ungkapan:Banyak akal
Arti:Pintar/Cerdik

 5.Fitri adalah anak orang kaya. Orang tuanya menjadi pengusaha semua. Dia selalu sombong kepada temannya. Dia selalu memamerkan pekerjaan orang tuanya. Sehingga dia tidak mempunyai teman.
Ungkapan:Besar kepala
Arti:sombong

6.Imas adalah anak yang nakal. Dia suka mengganggu anak-anak perempuan.  Dia juga suka berkelahi dengan temannya. Orang- orang suka menyebut Imas dengan sebutan ringan tangan. Orang tuanya Imas sangat malu.
Ungkapan:Ringan tangan
Arti:Suka memukul

7.Di suatu perusahaan ada seorang boss yang bernama Pak Toni. Dia tangan kanan bagi perusahaannya dia sangat rajin bekerja. Setiap hari Pak Toni tidak pernah malas bekerja. Dia menjadi orang kepercayaan di perusahaannya.
Ungkapan:Tangan kanan
Arti:Orang kepercayaan

8.Di suatu sekolah ada seorang anak yang bernama Rini. Dia anak yang berat hati di sekolahnya. Setiap hari dia suka member tetapi dia seperti tidak iklas mamberinya. Dia yang bernama Patlu. Sekarang dia tidak di temani oleh teman- temannya di sekolah.
Ungkapan:Berat hati
Arti:Tidak iklas

9.Montu di perintah gurunya. Untuk menyampaikan bahwa besok senin ulangan Matematika. Montu pun melaksanakannya dengan berlari sangat kencang. Sehabis itu Montu sampai di kelas, dan Montu pun menyampai kannya, tapi Montu tidak jelas menyampaikannya dan teman-teman Montu pun tidak tahu bahwa besok senin ulangan Matematika.
Ungkapan:Kabar angin
Arti:Berita yang belum jelas

10.Fandi adalah salah satu siswa di kelas 6B. Fandi sangat tidak suka pelajaran PKN. Kesokan harinya Fandi di beri PR tentang pelajaran PKN. Padahal Fandi tidak suka pelajaran PKN, lalu saat di rumah Fandi kesusahan mengerjakan PRnya,tetapi Fanditetap sabar dan tenang saat mengerjakan PRnya.
Ungkapan:Kepala dingin
Arti:Tenang/sabar

11.Pada pagi hari Edo diperintah ibunya kewarung.Edo pun melaksanakannya. Setelah kewarung Edo pergi bermain bola,saat bermain bola kaki Edo tertendang oleh temannya,lalu Edo pun marah-marah sehingga Edo berkelahi dengan temannya. Sesudah bermain bola Edo pulang dan menceritakan kepada ibunya. Edo pun dimarahi ibunya.
Ungkapan:Naik pitam
Arti:Marah

 

12.Pada hari Sabtu pagi. Yusuf ingin bermain bersama Dion dan Aldi. Tetapi Ibunya tidak memperbolehkan,dan Yusuf pun marah. Ibu Yusuf merasa kasian kepada Yusuf. Tetapi Yusuf masih marah kepada ibunya,dan Yusuf pun tidak mau bicara kepada ibunya satu kata pun.
Ungkapan:Diam seribu bahasa
Arti:Tidak berkata sedikit pun
-
Loading...