Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Contoh Soal Melengkapi paragraf dengan Istilah

Guruberbahasa.com-Melengkapi paragraf dengan istilah

1. Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi dan .... , dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah....
A. kotor
B. enak
C. aman
D. higienis
 
2. Demam berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang perlu perhatian serius. Penyakit ini ditandai dengan panas mendadak yang dapat mencapai 38 – 40 oC, selain itu juga ditandai dengan adanya bintik-bintik merah akibat pecahnya pembuluh darah. Jika dilakukan pemeriksaan darah, didapatkan penurunan .... yang cukup tinggi. Demam berdarah disebabkan oleh virus dangue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypty. Dengan demikian, demam berdarah dapat dicegah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Selain 3M, salah satu program kesehatan masyarakat yang digalakkan saat ini adalah pemantauan jentik berkala oleh jumantik.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah....
A. trombosit
B. suhu
C. kualita
D. kesehatan

3. Pemanasan global (....) pada dasarnya merupakan fenomenapeningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya. Akan tetapi, akibat jumlah gas-gas tersebut telah berlebih di atmosfer, pemanasan global menjadi akibatnya.
 
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah....
A. global warming
B. illegal loging
C. sunrising
D. education

4. Metode debat merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket pro dan ..... Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari empat orang. Di dalam kelompoknya, siswa (dua orang mengambil posisi pro dan dua orang lainnya dalam posisi kontra) melakukan perdebatan tentang topik yang ditugaskan. Laporan masing-masing kelompok yang menyangkut kedua posisi pro dan kontra diberikan kepada guru.


Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah....
A. kawan
B. kontra
C. duser
D. nonpro
1 Komentar untuk "Contoh Soal Melengkapi paragraf dengan Istilah"

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.

Back To Top