Contoh soal membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks UN SMA

>
Guruberbahasa.com

Paragraf 1
Hujan lebat terjadi tadi malam. Pohon-pohon bertumbangan. Beberapa rumah hancur tertimpa pohon. Seorang penduduk luka berat akibat tertimpa dahan beringin.

Paragraf 2
Sebanyak 548 pedagang Pasar Curug, Kabupaten Tangerang mulai menempati penampungan sementara tanpa dipungut biaya. Dipindahkannya para pedagang ini sehubungan dengan akan dibangunnya pasar tersebut menjadi semipermanen.

Paragraf 3
Lingkungan kita sering dilanda banjir. Hampir setiap musim hujan pasti air di sungai itu meluap dan menggenangi rumah-rumah. Peristiwa itu tentu tidak kita inginkan.

Paragraf 4
Pada hari Minggu warga kami bekerja bakti setelah beberapa hari rumah-rumah kami kebanjiran. Banjir itu akibat hujan yang terjadi beberapa hari. Air sungai itu meluap sehingga menggenangi rumah-rumah penduduk.

1. Di antara paragraf di atas yang memiliki kesamaan tema adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4 
E. 1 dan 4

Teks 1
Olah raga telah memasyarakat di kalangan generasi muda baik di kota maupun di desa. Segala bidang olah raga telah mereka lakukan, misalnya olah raga sepak bola, voli, dan , atletik. Akhir-akhir ini olah raga sepak bola sangan diminati kalangan muda. Mereka bisa bermain sepak bola tanpa menggunakan lapangan yang luas. Olah raga tersebut cukup dilakukan di dalam grdung dengan ruangan yang tidak luas. Olah raga tersebut adalah futsal. Olah raga ini seperti sepak bola, tetapi setiap regu hanya terdiri atas 5 orang.

Teks 2
Sepak bola telah dimainkan oleh seluruh lapisan masyarakat sampai ke pelosok desa. Di setiap kota ada perkumpulan sepak bola. Setiap organisasi pemuda yang ada tidak pernah meninggalkan program olah raga ini. Jika ingin berolah raga sepak bola tanpa menggunakan lapangan yang luas dan pemain yang banyak, olah raga futsal adalah jawabannya. Futsal hanya memerlukan 5 orang pemain setiap regu. Tempatnya pun cukup di dalam gedung.
2. Persamaan kedua teks tersebut adalah. …
A.  Orang sadar akan hidup sehat dengan cara berolahraga
B.  Olah raga sepak bola (futsal) semakin digemari masyarakat
C.  Masyarakat lebih menyukai olah raga di dalam gedung
D.  Program olah raga di kalangan pemuda
E.  Semua olahraga sangat digemari

Kutipan Novel 1
Siapa bapaku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kuketahui dengan benar; tetapi antara ada dan tiada, masih terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapaku, tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya, riang rasa semangatku memandang bumi. (suham H.S. percobaan setia, Jakarta, Balai Pustaka, 2011)

Kutipan Novel 2
Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpandu kompas membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju,  menuju cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu. (Nukila Akmal, Cala Ibi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2004)


3. Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah....
A. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, Novel 2 menggunakan ungkapan
B. Novel 1 menggunakan majas, Novel 2 menggunakan bahasa sehari-hari
C. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, nobel 2 menggunakan majas
D. Novel 1 menggunakan bahasa resmi, novel 2 menggunakan bahasa populer
E. Novel 1 menggunakan ungkapan, novel 2 menggunakan bahasa melayu

0 Response to "Contoh soal membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks UN SMA"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.