Contoh Teks Eksplanasi SINGKAT TERBARU

>
CONTOH 1

Bagaimana Gempa Bumi Terjadi?

Gempa adalah salah satu bencana alam yang paling merusak. Sayangnya sering terjadi di beberapa daerah. Baru-baru ini gempa yang mengerikan telah mengguncang Sumatera Barat. Ini telah membawa kerusakan yang besar. Mengapa gempa bumi bisa terjadi? Apakah Anda tahu bagaimana gempa bumi terjadi?

Gempa bumi biasanya disebabkan ketika batu-batu di bawah tanah tiba-tiba pecah di sepanjang patahan. Energi yang tiba-tiba keluar tersebut menyebabkan gelombang seismik. Itu membuat tanah terguncang. Ketika dua lempeng batu bergesekan satu sama lain, mereka akan menempel dan berhenti. Lempengan-lempengan batu tersebut tidak bisa meluncur lancar. Sementara itu, lempengan batu tersebut masih mendorong satu sama lain.

Setelah beberapa waktu, lempengan batu tersebut patah karena semua tekanan yang terjadi. Ketika lempengan batu tersebut patah, gempa bumi pun terjadi.

CONTOH 2

 Bagaimana Hujan Terjadi?

Hujan adalah sumber utama air bersih untuk sebagian besar wilayah dunia. Air juga menyediakan kondisi yang cocok untuk ekosistem yang beragam. Selain itu, air digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air serta irigasi untuk tumbuhan dan tanaman. Hujan menyediakan kita kehidupan. Akan tetapi, bagaimana hujan itu terjadi?

Fenomena hujan sebenarnya siklus air. Konsep siklus air yang melibatkan proses ketika matahari yang memanaskan air di permukaan bumi dan menyebabkan air permukaan menguap. Uap air tersebut kemudian naik ke atmosfer bumi. Uap air yang terdapat di atmosfer mendingin dan mengembun menjadi butiran butiran air kecil. Butiran-butiran air tersebut berkumpul sampai mereka berat dan kemudian jatuh ke bumi.

Ketika tetasan-tetesan air tersebut jatuh ke bumi, itu disebut hujan. Hujan bisa berbentuk air atau salju. Namun, tidak semua hujan mencapai permukaan. Beberapa menguap saat jatuh melalui udara kering. Ini disebut virga, sebuah fenomena yang sering terlihat di tempat yang panas dan kering di daerah gurun.

CONTOH 3

Mengapa Menara Eiffel Dibuat?

Jika kita berbicara tentang bangunan Keajaiban Dunia, maka kita akan melihat menara Eiffel sebagai salah satu diantaranya. Namun banyak dari kita tidak mengetahu sejarah mengapa menara tersebut dibangun. Semuanya memiliki latar belakang yang masuk akal, terutama untuk menara yang menjadi salah satu bangunan yang paling dikenal di dunia.

Pertama, Menara Eiffel dibangun untuk Pameran Dunia. Itu disebut Paris Exposition pada tahun 1889. Pameran ini diselenggarakan untuk merayakan peringatan 100 tahun Revolusi Perancis. Tujuan membangun Menara Eiffel dalam struktur tersebut adalah untuk menunjukkan pada dunia kemajuan Perancis dalam bidang teknologi dan keindahan. Menara Eiffel dirancang oleh Gustave Eiffel. Tampaknya nama menara ini berasal dari nama belakang desainernya, "Eiffel".

Alasan lain mengapa menara ini dibangun adalah untuk kemajuan ilmiah. Meskipun beberapa menyadari itu, Menara Eiffel akan menjadi struktur yang menonjol dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak percobaan yang berkaitan dengan suhu, tekanan dan pendulum dilakukan di atas bangunan yang terkenal unik ini. Selain itu, Menara Eiffel digunakan sebagai menara transmisi radio. Banyak percobaan dilakukan di atas Menara Eiffel untuk kemajuan transmisi radio.

Suatu ketika Menara Eiffel diusulkan akan dibongkar tetapi terhindar karena menara memiliki masa depan yang menjanjikan sebagai menara radio.

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi SINGKAT TERBARU"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.