Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

Contoh Ungkapan (Kalimat Ungkapan beserta arti dan ilustrasinya) 2016

.
.
Loading...
1.    Panjang tangan: suka mencuri
 Disuatu desa ada anak yang bernama Ravi. Dia disebut panjang tangan karena suka mencuri. Ravi mencuri karena keadaan ekonomi. Ia mencuri barang-barang yang mahal, akan tetapi Ravi sering tertangkap basah ketika mencuri oleh warga setempat. Hampir saja Ravi diusir oleh warga setempat tetapi Ravi melarikan diri.
 
2.    Rendah hati: tidak sombong
Acha adalah anak yang rendah hati. Ia selalu menolong teman yang kesusahan.  Acha juga tidak pernah membedakan temanya.  Ia juga selalu menyapa gurunya dan temanya.
 
3.    Berbunga –bunga: senang 
Disekolah Mimi dan Mima adalah saudara. Ia selalu senang  karena baru saja dibelikan sepeda baru yang sama. Sampai Mimi dan Mima mempunyai julukan hati yang selalu berbunga –bunga oleh gurunya. Dan setiap barang yang dibelikan orang tuanya selalu sama dan diberikan nama.
 
4.    Mata pencaharian:  pekerjaan
Ayah Vani mencari pekerjaan untuk menghidupi keluarga . Ayah Vani bernama Vero. Ia adalah orang yang sabar demi menjadi orang yang sukses . Ayah Vani pernah  pernah menjadi pekerja bangunan,tetapi ia tidak mengeluh.

5.    Anak emas: orang kesayangan
Ada seorang anak,hidupnya hanyalah menjadi seorang pemulung. Tetapi dia seoranganak yang pintar sekali. Di lingkungannya ,dia selalu membantu masyarakat yang sedang  memecahkan masalah. Dengan pikirannya yang cerdas,dia selalu member pendapat yang tepat untuk masalah tersebut.Maka dari itu dia disbut orang yang paling disayangi masyarakat.
 
6.    Banting tulang: kerja keras
Ayah dan ibuku banting tulang demi aku dan adikku . Ayahku bekerja keras  di pabrik. Ibuku bekerja di kantor. Ayahku dan ibuku  bekerja sebagai karyawan.Mereka bekerja demi menafkahi keluarga.
 
7.    Ringan tangan: suka menolong
Pada suatu hari Robbie bermain sepeda dengan temannya. Pada saat Doni  mau membalap Robbie, tiba-tiba rantai sepeda Doni terputus . Doni pun terjatuh, dan Robbie  membantu Doni  yang sedang terjatuh. Doni pun berterima kasih kepada Robbie yang telah membantunya.
 
8.    Tangan kanan: asisten atau orang kepercayaan
Perusahaan Bu Resya bertambah berkualitas tinggi berkat asistennya.  Asistennya bernama Bu Rosa, ia sangat diberi kepercayaan kepada Bu Resya. Bu Rosi tidak pernah mengecewakan Bu Resya . Karena Bu Rosi setia kepada Bu Resya.
 
9.    Berat hati: tidak ikhlas 
Joshi adalah anak orang kaya. Ia sering memberi makanan kepada temannya. Tapi Joshi tidak iklas untuk memberikan makanan itu kepada Selly. Karena Joshi berfikir kalau Selly itu jahat dan sombong.

10.Naik pitam: marah 
Vera dan Raya adalah seorang sahabat. Mereka selalu     bersama. Pada suatu hari Vera meminjam buku Raya. Vera tidak     sengaja merusakkan buku itu. Ketika mengetahui hal itu Raya     langsung marah kepada Vera.


11.Kepala dingin: sabar 
Disebuah desa ada seorang anak yang bernama Dev. Dev     suka diejek temannya tetapi dia sabar. Ia selalu menaati dan     mematuhi perkataan orang tuanya. Ia juga sering di juluki     temannya dengan sebutan kepala dingin atau sabar.

12.Darah biru: keturunan bangsawan
R.A. Kartini adalah pahlawan berdarah biru. Beliau adalah orang yang menginspirasi para wanita. Ia selalu di kenang oleh     kaum wanita maupun bangsa Indonesia. Terima kasih R.A. Kartini.
Loading...
Tag : Ungkapan
Back To Top