Iklan
Home » » Contoh-Contoh Ungkapan Bahasa Indonesia dan artinya

Contoh-Contoh Ungkapan Bahasa Indonesia dan artinya

Written By Mohammad Ridwan on 6 Mar 2016 | 16:57

1.    Ungkapan : panjang tangan
Artinya    : Suka mencuri
Ilustrasi :
    Revan adalah seorang anak yang pintar dan pendiam .Tapi,dia mempunyai sifat tersembunyi yaitu sifat pencuri.Setiap harinya satu penghapus temannya hilang.Teman-teman nya membuat jebakan untuk revan(penhapus,pulpen,dan pensil).Lalu revan mengambilnya,sejak saat itu revan dijuluki dengan julukan “tangan panjang”.

2.    Ungkapan :tinggi hati
Artinya    :sombong
Ilustrasi :
         Amir adalah anak orang kaya.Dia selalu sombong pada teman-temannya.Setiap hari dia selalu memamerkan barang baru yang dia miliki.Karena kesombongannya itu temannya menjauhi amir.Sejak saat itu amir dijuluki”tinggi hati”.

3.    UNGKAPAN :RENDAH HATI
ARTINYA    :BAIK /TIDAK SOMBONG
ILUSTRASI :
        Arya adalah anak yang baik.Dia selalu memberi makanan pada temannya.Dia juga selalu meminjamkan alat tulis pada temannyayang tidak membawa.Jadi temannya menyebutnya”rendah hati”.

4.    Ungkapan :Berbunga-bunga
Artinya    :senang /gembira
Ilustrasi :
        Evan adalah anak yang pintar dan juga baik.Dia selalu mendapat juara sekolah.Juga tidak sombong kepada teman- temannya.Evan bukan orang kaya tetapi dia orang miskin.Ayahnya bekerja hanya menjadi pengembala domba.Lalu evan mendapat beasiswa sampai lulus,dan hatinya sangat”berbunga-bunga” sekali.

5.    Ungkapan :otak udang
Artinya    :bodoh
Ilustrasi :
        Boy adalah anak orang kaya tetapi dia bodoh.Dia tidak pernah belajar malah bermain game.Setiap ada ulangan ia selalu mendapat nilai jelek,dia dijuliki temannya”otak udang”.

6.    Ungkapan :naik darah
Artinya    :marah
Ilustrasi :
        Adudu adalah anak orang sederhana dia berlagak sombong.Setiap ada temannya yang bercanda dengannya,dia selalu marah.Dia tidak bisa diajak bercanda oleh teman-temannya.Ia dijuluki oleh teman-temannya orang yang suka”naik darah”.

7.    Ungkapan :mata pencaharian
Artinya    :pekerjaan
Ilustrasi :
        Aryo adalah anak yang baik.Dia selalu membantu ayahnya untuk bekerja.Setiap Aryo pulang pulang sekolah dia membantu ayahnya bekerja di ladang.Demi mencari sesuap nasi,ia harus membantu ayahnya.”Mata pencaharian”ayahnya dan anaknya adalah petani.

8.    Ungkapan :banyak akal
Artinya    :pandai
Ilustrasi :
        Neymar adalah anak yang pintar.Dia selalu mendapat nilai bagus.Dia selalu menjadi orang kepercayaan untuk lomba.Dia juga ramah pada guru dan orang sekitar,dia juga dijuluki sebagai anak”banyak akal”.

9.    Ungkapan :anak emas
Artinya    :Orang kesayangan
Ilustrasi :
        Dafa adalah seorang anak yang disayangi kakek dan nenek.Tetapi dafa sewaktu kecil ia sangat nakal.Teman –temannya selalu dinakali oleh dafa.Walaupun nakal,ia adalah”anak emas”dari kakek dan nenek.

10.ungkapan :besar kepala
      Artinya    :sombong/congkak
     Ilustrasi :
             Median adalah seorang anakyang berpretasi.Ia selalu mendapatka nilai 100 saat ulangan.tetapi ia”besar kepala”karena mendapat nilai bagus saat ulangan.Tetapi ia tidak dibenci oleh temannya.Karena ia selalu menolong temannya kalu sedang kesusahan dalambidang pelajaran.

11.ungkapan :ringan tangan
     Artinya    :suka menolong
     Ilustrasi :
                   Riyan adalah orang yang bodoh.Setiap pergi ke sekolah dia selalu lupa membawa buku.Tetapi Riyan adalah orang yang suka menolong.Setiap teman-temanna mengalami kesulitan ia selalu membantunya.Riyan sangat”ringan tangan”kepada teman-temannya.


12.ungkapan :ringan tangan
     Artinya    :suka memukul
    Ilustrasi :
            Zaka adalah anak yang kaya.Selain kaya dia juga pintar dalam belajar.Setiap ulangan nilai nya 100.Tetapi dia sangat sombong ,jika temannya mengajak belajar dia selalu memukul.Oleh sebab itu ia dijuluki “ringan tangan”oleh temannya.
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Ungkapan JUDUL Download Contoh-Contoh Ungkapan Bahasa Indonesia dan artinya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/03/contoh-contoh-ungkapan-bahasa-indonesia.html. Jangan Lupa Bagikan Contoh-Contoh Ungkapan Bahasa Indonesia dan artinya ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.