Loading...

CONTOH LAPORAN STUDY TOUR BANDUNG (1)

Guruberbahasa.com-laporan study tour

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung dengan bobot 1 SKS. Mata kuliah KKL ini dapat dilaksanankan di dalam maupun di luar Provinsi Lampung. Kegiatan ini bersifat akademis dan nonakademis (rekreasi).

Pada hakikatnya, mata kuliah ini sama seperti mata kuliah lainnya namun yang membedakan adalah lokasi tempat belajarnya. Jika mata kuliah biasa kegiatan belajar-mengajarnya dilakukan di dalam kampus, mata kuliah KKL kegiatan belajarnya  dilakukan di luar kampus seperti mengadakan observasi ke universitas maupun sekolah lain di luar Provinsi Lampung.  Mata kuliah ini berlangsung dalam waktu yang relatif singkat.

Pada kegiatan KKL ini, mahasiswa dapat membandingkan kegiatan belajar-mengajar (KBM) yang ada di Universitas Lampung dengan universitas yang ada di luar Provinsi Lampung. Selain itu, dengan kegiatan KKL ini mahasiswa dapat mengetahui fasilitas-fasilitas penunjuang KBM yang tersedia di universitas lain serta saling bertukar informasi mengenai kebudayaan setempat dengan kebudayaan yang ada di Lampung. Adapun tempat-tempat tujuan KKL dipilih melalui musyawarah mufakat antara mahasiswa, dosen, universitas, dan pihak biro jasa perjalanan dengan mempertimbangkan keunggulan serta kelemahan objek tujuan tersebut.

1.2 Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari kegiatan KKL ini adalah
1. untuk memenuhi kewajiban sebagai mahasiswa karena mata kuliah KKL ini
  merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa;
2. untuk membandingkan kualitas antara perguruan tinggi tujuan KKL
     dengan kualitas di Universitas Lampung;
3.  sebagai media untuk melakukan pertukaran informasi kebudayaan antara
     daerah satu dengan daerah yang lainnya;
4.  untuk mengetahui bagaimana metode dan teknik belajar para mahasiswa di
      perguruan tinggi lain;
5.  sebagai media untuk saling bertukarpikiran antara mahasiswa di daerah tujuan
     dengan mahasiswa FKIP Universitas Lampung; dan
6.  sebagai penjalin silaturahmi dan berbagi pengalaman antara mahasiswa
     Universitas Lampung dengan mahasiswa dari perguruan tinggi tujuan KKL.

1.3 Dasar Kegiatan
Dasar kegiatan KKL ini adalah kurikulum yang berlaku di Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

1.4 Metode Pengumpulan Data
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data laporan ini adalah metode wawancara dan observasi. Metode wawancara dilakukan dengan para mahasiswa, dosen, dan guru dari perguruan tinggi atau sekolah yang dijadikan objek tujuan KKL. Metode observasi dilakukan dengan mengunjungi lokasi-lokasi penting di perguruan tinggi maupun sekolah.

BAB 2 DI SINI  BAB 3 DI SINI
-
Loading...