Contoh Paragraf GENERALISASI Singkat TERBARU

-->
Guruberbahasa.com #contoh paragraf generalisasi #contoh generalisasi #contoh kalimat generalisasi #contoh paragraf induktif generalisasi

Contoh 1:

Setelah hasil ulangan biologi anak –anak kelas 11 diperiksa, sebagian besar murid-murid mendapat nilai standar kelulusan, yaitu delapan puluh. Nilai di bawah standar kelulusan masih ditemukan pada sedikitnya lima orang siswa. Bagi siswa – siswi yang memiliki nilai di bawah standar kelulusan, maka akan diwajibkan untuk mengikuti ujian perbaikan atau remedial. Ujian remedial ini dapat berupa ujian dengan materi serupa namun soal yang lebih mudah, atau dapat pula penugasan dengan materi yang terkait. Sistem penilaian yang diberikan pada ujian remedial pun berbeda dengan ujian yang pertama, pada ujian remedial nilai maksimum siswa hanya batas standar kelulusan. Sehingga dengan demikian program remedial membantu siswa – siswi yang belum memiliki ketuntasan belajar.

Contoh 2:

Pantai Mutun yang berada di Lampung sangatlah cantik dan Indah. Di sana airnya jernih dan suasananya sangat asri. Tak hanya memiliki pantai yang cantik, Lampung juga memiliki taman nasional yang sangat meanakjubkan, yaitu way kambas. Di dalam way kambas kita bisa melihat hewan – hewan yang dilindungi seperti gajah sumtera, badak, dan lain – lain. Selain, pantai dan taman nasional, di lampung juga terdapat gunung yang sangat Indah, yaitu Gunung Tanggamus. Gunung ini sangat digemari bagi para pecinta panjat gunung. Oleh karena itu, tak heran Lampung dijuluki sebagai surganya tempat wisata.

Contoh 3:

Pendidikan karakter untuk melawan koruptor dan kemerosotan moral bangsa terus dilaksanakan di semua sekolah di Indonesia. Namun perlu kita sadari bahwa para koruptor yang tertangkap sekarang justru berasal dari kaum pemuda yang merupakan calon pemimpin dimasa depan. Banyak juga tawuran dan penyimpangan yang dilakukan oleh para pemuda sekarang seperti pemerkosaan,pencurian dan masih banyak lagi. Bisa dibilang pendidikan karakter masih belum efektif mengubah karakter bangsa.

Contoh 4:

Berdasarkan data keuangan tahun 2009, laba yang didapatkan oleh perusahaan PT Xadalah sebesar 250 juta rupiah. Dimana pada tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2008 perusahaan mampu menghasilkan laba sebesar 500 juta rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa prusahaan mengalami penurunan dalam menghasilkan laba sebesar 250 jutarupiah atau turun sebesar 50% dari tahun sebelumnya. Laporan menjadi evaluasi perusahaan tentang kinerja perusahaan mereka. Pihak manajemen pun dituntut untuk segera mengambil kebijakan untuk mengatasi hal tersebut.

Contoh 5:

Permasalahan pemberantasan korupsi masih menjadi PR besar bagi pemerintah negeri ini. Seringkali wajah-wajah koruptor menghiasi kolom-kolom berita media cetak, online, dan elektronik. Korupsi merupakan kegiatan malpraktik dari sebuah tatanan administrasi berbentuk penyalahgunaan anggaran dan lain-lain. Di Indonesia kita mengenal adanya lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang secara khusus menangani kasus korupsi. Adanya lembaga ini merupakan sebuah upaya penanggulangan, bukan pencegahan korupsi. Belum lagi soal carut-marutnya KPK dalam hal memberantas korupsi yang terkesan tebang pilih dan bernuansa politis. Sistem pemberantasan korupsi tidak hanya cukup dalam hal penanggulangan, akan tetapi perlu adanya upanya pencegahan dengan sistem yang tidak memungkinkan untuk melakukan tindakan korupsi .

Contoh 6:

Udara di pedesaan sangatlah bersih. Tidak ada namanya polusi udara yang sangat mengganggu pernafasan. Selain itu, sungainya juga masih bersih dan sehat, sehingga masih banyak dijumpai ikan – ikan dan tumbuhan air di dalamnya. Orang – orang di desa sangat ramah – ramah. Mereka mengedepankan asas kekeluargaan, sehingga jarang terjadi konflik. Suasananya yang sejuk dan tenang bisa menyejukkan hati dan pikiran. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa kehidupan di desa sangat menyenangkan.

Contoh 7:

Saya melihat orang-orang asyik membaca koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya jumpai di peron stasiun kereta api. Saat saya jalan-jalan di taman, hal yang sama juga saya lihat. Orang-orang duduk bersantai sambil membaca koran. Bahkan, ketika saya keluar ruang dan sampai di trotoar, saya melihat berderet anak sekolah, kawula muda, dan orang-orang dewasa semua sedang membaca. Jadi banyak orang yang memanfaatkan waktu luang  untuk membaca.

Contoh 8:

Untuk mendapatkan komputer dengan kinerja yang memuaskan, kita wajib membeli hardware dan meng-upgrade software dengan baik. Bukan hanya itu saja, semua komponen komputer haruslah dirawat dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Dan pemakaian komputer haruslah baik, mulai dari penataan cahaya, suhu udara dan lama komputer dalam keadaan aktif. Jangan sampai komputer dalam keadaan menyala, tetapi tidak diakses. Jadi, untuk mendapatkan kinerja maksimal, memuaskan dan awet kita harus benar-benar memperhatikan komputer kita. 

0 Response to "Contoh Paragraf GENERALISASI Singkat TERBARU"

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.