Loading...

CONTOH NASKAH PIDATO TENTANG ERA GLOBALISASI

Guruberbahasa.com-PIDATO ERA GLOBALISASI

Selamat pagi kakak-kakak dan adik-adik yang saya sayangi. 
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada kalian semua karena telah memperbolehkan saya untuk hadir di acara ini. Sebelum saya berpidato mari kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa  untuk anugerah-Nya yang besar. Mari kita mulai dengan berdoa sesuai agama san kepercayaannya masing-masing. Maksud saya untuk menyampaikan pidato ini agar kalian semua tahu era globalisasi, teknologi, dan dampak-dampak era globalisasi                                                                                                   
 
Globalisasi bukanlah hal yang asing bagi kita lagi. Globalisasi adalah bersatunya kegiatan negara-negara di dunia. Saking cepatnya perkembangan globalisasi yang di dukung oleh teknologi hingga menciptakan tanda-tanda globalisasi seperti berikut. Batas antar negara semakin dekat. Jadi kita tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke negara lain hanya untuk berbicara dengan saudara kita. Karena kita cukup menggunakan telepon untuk berbicara, tanda-tanda lainnya adalah informasi sekarang ini sangat mudah di ketahui, dan kegiatan perdagangan semakin luas.
 
Globalisasi yang di dukung oleh teknologi seperti informasi, komunikasi, dan transportasi. Teknologi sangat cepat berkembang. Kita tidak perlu lagi jalan jauh untuk bertemu dangan saudara kita karena kita cukup menelponnya saja dengan telepon. Jika tetap mau bertemu dengan saudara kita, kita tidak perlu jalan, melainkan cukup memakai kendaraan berupa motor, mobil, atau yang lainnya. Kita juga dapat memperoleh informasi dari tv tetapi jangan terlalu lama.
 
Dampak positif dari globalisasi adalah masyarakat semakin maju  karena itulah kita dapat bekeja dengan mudah, semangat kerja meningkat  karena dengan majunya teknologi kita memiliki banyak pesaing dalam belajar, dan kita semakin banyak bergaul dengan teman-teman. Selain itu kita dapat melihat budaya daerah lain dan kita dapat mengenalnya.
 
Dampak negatif dari globalisasi adalah membanjiri produk luar negeri karena kita mulai suka membeli barang luar negeri daripada barang dalam negeri sehingga barang dalam negeri tidak laku dan di jual murah, kerusakan lingkungan yang di sebabkan asap pabrik-pabrik yang menyababkan polusi udara, nilai-nilai sosial semakin hilang karena manusia mulai mementingkan daripada orang lain, dan lapangan kerja semakin sempit yang dikarenakan pekerja banyak dari luar negeri.


Kesimpulan dari pidato saya adalah kita menjadi mudah melakukan kegiatan sehari-hari karena berkembangnya era globalisasi yang di dukung oleh teknologi. Harapan saya kalian menjadi tahu dampak-dampak dari globalisasi, yang positif maupun yang negatif. Mohon maaf jika ada kesalahan yang tidak berkenan dalam hati kalian. Saya akhiri pidato saya, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa.
-
Loading...