Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

CONTOH SOAL UN SMA meringkas isi karya sastra

.
.
Loading...
Guruberbahasa.com-meringkas isi karya sastra


 MERINGKAS KARYA SASTRA


Karya sastra dapat disingkat ke dalam bentu sinopsis. Semua jenis karya sastra dapat dibuat menjadi sinopsis, kecuali puisi. Keterbatasan ini karena puisi merupakan karya sastra dengan bahasa singkat, terdiri atas larik-larik dan bait-bait yang berirama dan bersajak, serta merupakan eksperimen perasaan dan pikiran yang tidak mengandung cerita. Ada juga puisi yang mengandung cerita, berisi kisah-kisah perjalanan, pengembaraan, dan petualangan. Puisi jenis tersebut disebut balada. Akan tetapi karena kesingkatan dan penataannya dalam pembarisan dan pembatasan, balada bukan disinopsiskan, melainkaj diparafrasekan.

Karya sastra yang dapat dibuat sinopsis adalah bentuk prosa dan naskah drama karena keduanya mengandung untaian cerita. Sebuah cerita konvensional (umum) memiliki tema, penokohan, latar, plot, dan amanat. Sinopsis seharusnya dimulai dari identitas buku yang terdiri atas judul buku, nama pengarang, tahun terbit, dan kota penerbitan.

CONTOH SOAL 1

Perhatikan kedua paragraf berikut ini! 

TEKS 1
Tenggelamnay Kapan van Der Wijck adalah sebuah novel karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama HAMKA. Novel ini pertama kali ditulis oleh HAMKA sebagai cerita bersambung dalam sebuah majalah yang dipimpinnya, Pedoman Masyarakat pada tahun 1938. Karya tersebut kemudian diterbitkan sebagai novel pada tahun 1939. Dalam novel ini HAMKA mengkritik beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat pada saat itu terutama mengenai kawin paksa.

TEKS 2
Tenggelamnya Kapal van Der Wijck melukiskan suatu kisah cinta murni antara seorang anak muda bernama Zainuddin dan Hayati yang dilandasi keikhlasan dan kesucian jiwa. Berawal dari pertemuan tak sengaja di antara Zainuddin dan Hayati di jalan waktu hujan turun. Itulah percintaan sepasang kekasih yang penuh derita ini dimulai. Hubungan kasih Zainuddin dan Hayati tidak disetujui oleh ninik dan mamak Hayati. Hayati akhirnya menikah dengan Azis. Cerita ini diakhiri dengan kematian Hayati dan Zainudin yang tidak sempat bersatu dalam mahligai pernikahan.

Dari kedua teks di atas, teks yang dinyatakan teks sinopsis dengan alasan yang tepat terdapat pada....

A. Teks 1 karena memuat pengarangan, identitas buku, dan keunggulan novel.  
B. Teks 1 karena memuat pandangan HAMKA terhadap budaya masyarakat Minangkabau.
C. Teks 1 karena memaparkan identitas buku dan riwayat kepengarangan HAMKA.
D. Teks 2 karena memuat ringkasan cerita novel Tenggelamnya Kapal van Der Wijck.
E. Teks 2 karena memuat keunggulan dan kelemahan  Tenggelamnya Kapal van Der Wijck.


JAWABAN: D
Sinopsis adalah ringkasan cerita. Pada teks 2 menceritakan secara singkat Tenggelamnya Kapal van Der Wijck. 



Loading...
Back To Top