Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

CONTOH SOAL menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks UN SMA

Guruberbahasa.com-menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks.

Bacaan atau ilustrasi biasanya disampaikan melalui kata-kata atau istilah dengan makna lugas. Akan tetapi, bacaan atau ilustrasi dapat juga disampaikan dengan kata-kata bermakna kias, misalnya dalam bentuk peribahasa.

Peribahasa terdiri atas ungkapan (idiom atau frasa idiomatik), pepatah, perumpamaan, dan pemeo. Pepatah, perumpamaan, dan pemeo berupa kalimat bermakna kias. Ketiganya biasa disebut peribahasa.

Ungkapan atau idiom adalah gabungan kata dengan makna khusus dan tidak dapat diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa dan situasi lainnya.
Contoh:
Kedatangannya kami sambut dengan sambutan hangat.
Kata sambutan hangat merupakan ungkapan berarti 'meriah'.

CONTOH SOAL

1. Perhatikan ilustrasi berikut!
Ketua Komisi Perlindungan Anak, Artist Merdeka Sirait, mempertanyakan slogan Kota Depok sebagai kota layak anak. Pasalnya, banyak kasus kekerasan terhadap anak justru terjadi di Kota Depok. Selama delapan bulan terakhir pada tahun 2015, terdapat 287 kasus kekerasan terhadap anak terjadi di Depok. Slogan Kota Depok sebagai kota layak anak hanya kabar bohong semata.
Ungakapan yang tepat ilustrasi tersebut adalah....

A. acungan jempol
B. bertangan jempol
C. jempol besar
D. cap jempol
E. isapan jempol

JAWABAN: E
Ungkapan pada pada pilihan jawaban E berarti kabar bohong atau kabar tidak benar. Jadi jawaban yang paling tepat terdapat pada jawaban E. 
2. Bacalah Ilustrasi berikut!
Musim kemarau panjang menjadi duka bagi sejumlah petani di Kampung Liungtutut, Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Ciebereum, Kota Sukabumi. Kekeringan menyebabkan sawah-sawah mereka tidak terairi. Selain kekeringan, mereka dibebani dengan harga pupuk yang melambung. Mereka tertimpa sial berkali-kali.

Peribahasa yang terpat sesuai ilustrasi di atas adalah....

A. Pucuk dicinta ulam pun tiba.
B. Pungguk merindukan bulan.
C. Jatuh di atas tilam.
D. Sudah jatuh tertimpa tangga.
E. Hujan jatuh ke pasir.

JAWABAN: D 

3. Cermati paragraf berikut!
Akhir-akhir ini aktris dan aktor yang bermain dalam drama Korea digemari remaja di Indonesia. Aktris dan Aktor korea tersebut mengadakan jumpa artis di Jakarta. Remaja di Indonesia sangat menyambut mereka dengan antusias karena aktris dan aktor Korea tersebut sedang [...]. Banyak remaja yang berfoto dengan aktris dan aktor korea tersebut. Mereka memberikan sambutan dan aspirasi luar biasa atas kedatangan para artis Korea tersebut.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah....


A. jatuh hati 
B. angkat tangan
C. naik daun
D. menjual gigi
E. membuang mata

Back To Top