Loading...

CONTOH TULISAN ESSAY Tentang Globalisasi Ekonomi

Guruberbahasa.com-CONTOH TULISAN ESSAY Tentang Globalisasi Ekonomi

Globalisasi berasal dari kata global yang artinya meliputi seluruh dunia atau secara keseluruhan. Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia globalisasi adalah proses masuknya keruang lingkup dunia. Dalam globalisasi, peristiwa di satu negara akan   mempengaruhi  seluruh penjuru dunia. Penyebab munculnya globalisasi adalah kemajuan di bidang  komunikasi, transportasi, dan   teknologi   informasi.   Kemajuan   itu   mempermudah  hubungan antarmanusia Globalisasi   perekonomian   merupakan suatu proses kegiatan ekonomi   dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu  kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. 

Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus   modal,  barang  dan  jasa.   Ketika   globalisasi ekonomi   terjadi,   batas-batas   suatu negara   akan   menjadi   kabur dan  keterkaitan   antara   ekonomi   nasional   dengan perekonomian internasional akan semakin erat. Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif,   sebaliknya   juga   membuka   peluang   masuknya   produk-produk   global   ke dalam   pasar   domestik.Tanda-tanda   globalisasi dapat  ialah   sebagai   berikut:.   Batas antarnegara   semakin   menipis. Informasi  mudah   menyebar,   Kegiatan   perdagangan semakin luas. 

Dampak positif globalisasi ekonomi, antara lain: Produksi global dapat ditingkatkan, Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu Negara,  Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri,  Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik,   Menyediakan   dana   tambahan,   Semakin   mudah   memperoleh   barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia, Liberalisasi.   

Dampak   negatif  globalisasi  ekonomi,   antara  lain:   Kemungkinan   hilangnya   pasar produk ekspor Indonesia karena kalah bersaing dengan produksi negara lain yang lebih murah   dan   berkualitas.   Misalnya   produk   pertanian   kita   kalah   jauh   dari   Thailand, Membanjirnya produk impor di pasaran Indonesia sehingga mematikan usaha-usaha di Indonesia. Misalnya, ancaman produk batik Cina yang lebih murah bagi industri batik di tanah air, Ancaman dari sektor keuangan dunia yang semakin bebas dan menjadi ajang spekulasi. Investasi yang sudah ditanam di Indonesia bisa dengan mudah ditarik atau dicabut   jika   dirasa   tidak   lagi   menguntungkan.   Hal   ini   bisa   memengaruhi   kestabilan ekonomi, Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang. 

Pasar   bebas   merupakan   salah   satu   bentuk   nyata   dari   globalisasi   ekonomi. Pengaruh dari globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia diantaranya adalah tumbuhnya kreativitas para pelaku ekonomi Indonesia serta semakin mendunia produk – produk buatan Indonesia. Dengan adanya globalisasi, para pelaku ekonomi, memang dituntut untuk semakin kreatif menciptakan produk – produk yang tidak hanya mampu bersaing   dengan   sesama   produk   buatan   dalam   negeri,   namun   juga   harus   mampu bersaing   dengan   produk   –   produk   dari   negara   lain.   Tanpa   adanya   pengembangan produk, sudah pasti produk mereka tidak akan bisa laku di pasaran. Terlebih  sejak CAFTA (China Asia Free Trade Assosiation) diberlakukan, barang – barang dari China mulai   membanjiri  pasar  Indonesia.   Tidak   hanya   bentuk   serta   tampilan  produk   yang menarik, namun juga harga yang ditawarkan sangat murah bila dibandingkan dengan produk – produk buatan Indonesia. 

APA YANG SEHARUSNYA NEGARA INI LAKUKAN? Menurut Joseph E. stiglitz mengajukan gagasan mengenai perdagangan yang adil . Namun sayangnya gagasan ini   sulit   dicapai,   Sebaliknya,   justru   yang   mendekati   kebenaran   atas   perkembangan jaman   adalah   semakin   kuatnya   tiap   negara   dalam   memperjuangkan   kepentingan- kepentingan nasionalnya .Tantangan bangsa ini adalah bagaimana mewujudkan asas kekeluargaan,kebersamaan   ,   dan   gotong   royong   dalam   kemandirian   ekonomi Indonesia. 

Berberapa   alternative   dalam   mewujudkan   kemandirian   ekonomi   Indonesia. PertamaPerlunya pemerintahan yang pro-Rakyat. Kedua, pentingnya kebijakan protektif bagi   industry   dalam   negri.   Ha-joon   cang   telah   melakukan   penelitian   bahwa industrialisasi   yang   dapat   memberikan   kontribusi   pada   percaturan   global   karena diberikan   fasilitas   dan   proteksi   pemerintah   pada   tahap   awalnya.   Ketiga,   Harus mengembangkan  ekonomi, Keempat  Perubahan alokasi anggaran ke sektror rakyat, pasar domestic, dan fasilitas public. Kelima, perluasan pengembangan usaha bersama. Keenam, Membuat pasar kebutuhan dan Permintaan Nasional . Ketujuh, Penguasaan industry pengelolaan barang mentah hasil SDA Indonesia. 

Sebagaimana   kita   bisa   kita   lihat   karena   globalisasi   ekonomi membuat   pasar bebas   sehingga   Negara   lain   misalkan   China   menjual   barang   yang   bervariasi   dan dengan harga  yang murah sehingga  menjatuhkan produksi local,  untuk itu produksi local harus menciptakan barang yang  lebih kreatif dan berkualitas serta harga yang bersaing. Jadi produksi local mampu bersaing dengan Negara lain. 

Dapat disimpulkan bahwa dampak globalisasi menciptakan perdagangan bebas dan upaya yang yang harus dilakukan Indonesia dalam menyongsong era perdagangan bebas   adalah : 1. Menyiapkan SDM yang kompeten, kompetitif dan memiliki skill yang baik dalam  menghadapi kompetisi globalisasi. 2. Melaksanakan standarisasi dan sertifikasi bagi perusahaan dan lembaga  pemerintah untuk citra, kesungguhan dan kualitas produk. 3. Menghilangkan praktek-praktek korupsi, kolusi, nepotisme dan manipulsi. 4. Mendorong munculnya produk-produk kreatif, inovatif dari masyarakat Indonesia  Globalisasi Ekonomi bukanlah sesuatu yang harus di hindari tetapi globalisasi ekonomi adalah sesuatu yang harus di hadapi.
-
Loading...