Iklan
Home » » 4 Contoh Paragraf ARGUMENTASI Tentang LINGKUNGAN

4 Contoh Paragraf ARGUMENTASI Tentang LINGKUNGAN

Written By Mohammad Ridwan on 29 Mar 2016 | 07:51

Guruberbahasa.com-Contoh paragraf argumntasi tentang lingkungan

1. Alam sepertinya sudah tidak bersahabat lagi dengan kita. Hampir setiap hari kita mendengar atau menyaksikan tentang bencana alam seperti longsor, banjir, gempa bumi, gunung meletus, kekeringan dan kebakaran hutan. Bencana-bencana tersebut telah banyak memakan korban jiwa dan harta. Lalu mengapa bencana alam sering terjadi? Jika kita introspeksi diri, kebanyakan bencana alam yang terjadi khususnya banjir, longsor dan kebakaran hutan dikarenakan oleh ulah kita sendiri yang tidak perduli dengan lingkungan kita. Contohnya adalah kebiasaan kita yang sering membuang sampah sembarangan seperti di kali akan menyebakan banjir. Speti halnya di ibu kota, menurut Pemda DKI Jakarta, sungai-sungai di DKI telah banyak mengalami pendangkalan sehingga banjir sering menerjang kota ini pada saat musim hujan. Contoh lainnya adalah bencana longsor yang terjadi satu bulan yang lalu di Desa Sukamaju adalah akibat hutan yang ditebang sembarangan oleh masyarakat atau penebang liar sehingga pada saat hujan, ribuan kubik tanah mengubur perkampungan mereka bersama harta benda dan sebagian nyawa. Berdasarkan contoh-contoh diatas, sudah jelas bahwa alam sudah tidak lagi ramah karena kita tidak peduli lagi akan lingkungan kita.

2. Kerusakan lingkungan sebenarnya sudah banyak terjadi di hampir seluruh wilayah yang ada didunia, dan itu semua karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab atas ulah ulahnya. Kerusakan lingkungan juga biasanya di sebabkan oleh tidak adanya lagi perawatan dan kepedulian para warga terhadap lingkungan tersebut. Namun walaupun kita juga tahu kalau lingkungan kita sudah rusak , tetapi kita juga masih saja tidak memperdulikan lingkungan .

3. Pencemaran lingkungan hampir terjadi di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar. Pencemaran itu, antara lain, polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin banyak, pembuangan limbah industri dari pabrik-pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur, dan ulah masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan . Pencemaran tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Misalnya udara menjadi kotor dan tidak sehat, menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau menjangkitnya wabah penyakit, serta bencana banjir karena saluran-saluran air tersumbat oleh sampah.

4. Bencana banjir banyak terjadi dimana-mana sekarang. Bencana banjir tidak hanya melanda daerah dataran rendah yang memang sudah menjadi langganan banjir, namun beberapa daerah di dataran tinggi juga
dilanda musibah banjir. Kira-kira 20 tahun yang lalu, Bandung termasuk wilayah yang ebas banjir. Namun apa yang terjadi sekarang? setiap musim hujan tiba dan terjadi hujan deras dalam beberapa jam, sudah bisa dipastikan banyak wilayah di Bandung yang tergenang banjir. Begitu juga dengan beberapa wilayah di Sulawesi yang akhir-akhir ini dilanda banjir bandang. Padahal Sulawesi termasuk wilayah dengan jumlah hutan yang tidak bisa dibilang sedikit. Pembalakan hutan secara liar, pembangunan wilayah yang tidak memperhatikan sistem drainase merupakan dua penyebab utama bencana banjir yang banyak terjadi belakangan ini

BACA JUGA:

KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG KESEHATAN
KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG NARKOBA
KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG LINGKUNGAN
KARANGAN ARGUMENTASI TENTANG PENDIDIKAN
Author Image

About Author

LIHAT ABOUT DI ATAS

KATEGORI Teks Argumentasi JUDUL Download 4 Contoh Paragraf ARGUMENTASI Tentang LINGKUNGAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.guruberbahasa.com/2016/03/4-contoh-paragraf-argumentasi-tentang.html. Jangan Lupa Bagikan 4 Contoh Paragraf ARGUMENTASI Tentang LINGKUNGAN ke teman-teman kalian , Terima Kasih!

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.