Loading...

NASKAH PIDATO TENTANG Jangan Mau Dipecah – pecah oleh Siapa Pun

Assalamualaikum wr wv

selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua
Dewan juri yang saya hormati, bapak/ibu guru tercinta, serta kawan-kawanku yang saya sayangi,

Puji dan syukur mari kita ucapkan atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas karunia dan Rahmat-Nya lah kita dapat berkumpul di ruangan yang indah ini dalam keadaan sehat wal afiat. Terima kasih kepada pANITIA fls2n yang telah memberi saya peluang sehingga dapat sampai di tahap ini. Perkenalkan saya Ulil Ulya kelas 3 SD dari SDS 01 Gula Putih Mataram ingin menyampaikan pidato tenntang Jangan Mau dipecah-pecah oleh siapa pun.

Teman-teman sekalian,
Kita banyak menyaksikan fenomena anak sekolah yang mempunyai "geng" bersama temannya. Mereka hanya ingin berteman hanya dengan kelompokmitu saja. Misal, ada kumpulan siswa yang pintar, mereka tidak mau bergabung dengan siswa yang kurang pintar. Ada juga kumpulan siswa-siswa yang rumahnya berdekatan. Ya hanya itulah temannya dan tidak mau bergabung dengan temannya yang lain. Ini adalah salah satu bentuk sederhanaa dimana siswa tidak menyadari pengotak-ngotakan diri dengan orang lain.

Dewan juri yang saya hormati,
Tentu kita tidak ingin di dunia ini hanya memiliki sedikit teman. Kalau pikiran saya sih seperti itu. Tapi saya sangat yakin bahwa sebagian dari kita atau bahkan kita semua menginginkan banyak teman. Kita tidak ingin misal kita mendapat kesusahan dan orang lain tidak membantu hanya karena kita bukan bagian dari mereka. Lalu begitu sebaliknya, ketika orang lain mendapat kesusahan dan kita tidak membantunya karena dia bukan dari bagian kita. Ini sangat tidak kita inginkan tentunya. Jika kita seperti itu, dengan sendirinya peberadaan kita di lingkungan akan terpecah. Kita memilih-milih teman.

Teman-teman sekalian,
Kesetiakawanan adalah salah satu sikap yang harus kita tingkatkan. Dengan siapa pun itu. Kita yang sampai terpecah hanya karena sedikit perbedaan. Jangan terpecah hanya karena berbeda agama, beda suku, beda warna kulit, beda kepintaran, dann lain-lain. Pertemanan yang baik walaupun kita berbeda ini akan membawa kita menjadi lebih baik di masa depan.

Bayangkan nanti jika kita dewasa dan kita berada di lingkungan baru, lalu kita bertemu kawan lama di sana. Tentu dialah yang pertama akan membantu kita. Ini kalau kita dulunya menjaga pertemanan yang baik. Maka dari itu saya ingatkan agar selalu menjaga kesetiakawanan dengan siapa pun itu karena akan membawa dampak baik bagi kita sendiri.

Bapak/ibu guru sekalian,
Jika kita di sekolah berteman dengan siapa pun, tentu kita akan merasa nyaman dimana pun kita berada. Kita tidak akan merasa asing di sekolah. Kenapa? Itu karena semua yang ada di sekolah adalah teman kita. Nah, selain baik untuk diri sendiri, tentu lingkungan sekolah akan nyaman karena segala perbedaan di antara siswa bisa kita kendalikan dan bukan menjadi masalah bagi kita. Jika sekolah kita nyaman, apa yang terjadi? Pasti semangat belajar akan terjaga kita akan dibanggakan oleh orangtua dan bergina bagi bangsa kelak di kemudian hari.
 

Jadi, ayo kita jaga persahabatan dan jangan sampai dipecah-pecah oleh siapa pun itu. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa membuat kita semua menjadi seseorang yang selalu bersikap baik dengan siapa pun dan selalu menjaga pertemanan dengan lingkungan kita. Mohon maaf atas segala kesalahan.

PIDATO LAINNYA:

Saya akhiri selamat pagi.
Wasssalamualaikum wr wb.

KARYA SISWA SDS 01 GULA PUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH
-
Loading...