Mini Website sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

4 CONTOH KARANGAN PERSUASI TENTANG LINGKUNGAN TERBARU

Guruberbahasa.com- CONTOH KARANGAN PERSUASI

CONTOH 1

Kita semua mengetahui bahwa kondisi lingkungan Kota Trenggalek sudah sangat memprihatinkan. Banyak sungai yang kotor akibat membuang sampah sembarangan dan pembuangan limbah rumah tangga yang tidak teratur, pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor yang semakin banyak dan maraknya penebangan liar yang terjadi. Contohnya saja pada waktu kota Trenggalek sendiri tergenag banjir beberapa tahun lalu, hal itu terjadi karena hutan-hutan yang ada disekitaran kota telah gundul dan tidak bisa meresapkan air hujan ke tanah sehingga arinya menggenagi kota.

Ini semua dapat menyebabkan gangguan bagi makhluk hidup di Kota Trenggalek, temasuk kita manusia. Pernapasan kita dapat terganggu dan keindahan Kota ini tercemar serta akan menjadi sarang bibit-bibit penyakit. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita sebagai penduduk Kota Trenggalek berusaha untuk melestarikan lingkungan kota ini dengan berbagai macam usaha. Di antaranya adalah dengan usaha yang kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya, serta dengan usaha penghijauan, pembuatan taman kota, dan ..... SELENGKAPNYA DI SINI

CONTOH 2

Kebersihan adalah hal terpenting dalam kehidupan. Menjaga kebersihan menjadi tugas seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Tanpa kebersihan, mungkin dunia kita akan dipenuhi dengan sampah. Dimana-mana terjangkit beragam jenis penyakit yang akan menghantui hidup kita. Dengan selalu menjaga kebersihan kita akan hidup lebih sehat. Dalam ajaran islam pun  mengajarkan umatnya agar senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Banyak manfaat yang akan kita rasakan  jika kita memelihara kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
            
Sampah menjadi masalah di lingkungan kita yang tak kunjung selesai. Kepedulian masyarakat terhadap sampah sangat kurang ketika melihat sampah berserakan mereka tidak perduli. Sebagai contoh kita bisa lihat sungai-sungai di Jakarta khususnya, penuh bukan karena airnya tetapi penuh dengan sampah. Akibatnya, pada musim penghujan sungai meluap karena tidak dapat menampung volume air yang banyak. Tidak hanya sungai,kali,gorong-gorong,selokan juga dipenuhi sampah. Air yang seharusnya mengalir dengan baik menjadi tersumbat. Air yang tadinya jernih menjadi keruh dan berbau karena tercemar oleh sampah.

Mulailah menjaga lingkungan dari diri sendiri. Contoh terkecil membuang bungkus permen walaupun hanya Satu buanglah di tempat sampah. Lalu ketika melihat ada sampah berserakan, ambil dan masukan kedalam tempat sampah walaupun sampah itu bukan kita yang membuangnya. Oleh karena itu, kita 
..... SELENGKAPNYA DI SINI

CONTOH 3

Lingkungan bersih adalah lingkungan yang sehat, auh dari sampah dan polusi. Lingkungan bersih sulit kita temui di daerah perkotaan karena terdapat banyak kendaraan bermotor yang hampir setiap hari orang memakainya. Lingkungan bersih dapat kita temui didaerah pedesaan yang masih asri karena didaerah ini jarang ditemui pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor.

Untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat kita semua perlu mengadakan kegiatan gotong royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan kita, menanam pohon-pohon untuk penghijauan karena apabila lingkungan kita banyak tanaman berarti banyak pula oksigen yang dihasilkan oleh tanaman-tanaman itu sendiri yang berguna bagi tubuh kita juga. Tanaman juga bisa sebagai penahan tanah longsor.

Sedia payung sebelum hujan, kata-kata itulah yang tepat digunakan untuk menggerakkan masyarakat supaya cepat tanggap dengan keadaan lingkungan sekitar kita, marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar kita agar 
..... SELENGKAPNYA DI SINI

CONTOH 4

Lingkungan yang nyaman  sebagai tempat tinggal adalah lingkungan yang bersih bebas dari pencemaran polusi udara, limbah pabrik dan sampah. Polusi udara adalah salah penyebab satu kerusakan alam. Di kota-kota besar banyak terdapat pabrik yang membuang limbah di sungai dan kendaraan  mengeluarkan asap yang menyebabkan polusi udara sehingga mengganggu penglihatan dan  gangguan pernapasan.   Selain itu yang sering kita jumpai adalah sampah. Banyak orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. 

Contohnya sampah, sering kali kita melihat sampah berserakan  walaupun
..... SELENGKAPNYA DI SINI
1 Komentar untuk "4 CONTOH KARANGAN PERSUASI TENTANG LINGKUNGAN TERBARU"

Terimakasih sangat bermanfaat untuk Para siswa kami belajar menulis teks persuasi

Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.

Back To Top