Loading...

Beberapa Tujuan Membaca Menurut Para Ahli

Guruberbahasa.com- Tujuan Membaca Menurut Para Ahli

Tarigan (1986: 9-10) berpendapat bahwa tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, dan memahami isi bacaan. Makna, arti erat sekali berhubungan dengan maksud, tujuan, atau intensif kita dalam membaca. Berikut ini dikemukakan beberapa yang penting,

a) membaca untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta (reading for details or facts), yaitu membaca untuk mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh para ahli. Apapun yang telah diperbuat oleh tokoh, apa yang telah terjadi pada tokoh khusus.

b) membaca untuk memperoleh ide-ide utama (reading for main ideas), yaitu membaca untuk mengetahui masalah apa yang dialami oleh tokoh, dan merangkum hal-hal yang dilakukan oleh tokoh untuk mencapai tujuannya.

c) membaca untuk mengetahui urutan atau susunan organisasi cerita (reading for sequence or organization), yaitu membaca untuk mengetahui setiap bagian cerita. Dengan membaca dapat diketahui apa yang terjadi pada awal cerita sampai selesai.

d) membaca untuk menyimpulkan (reading for inference), yaitu membaca untuk mengetahui mengapa para tokoh berbuat demikian, apa yang dimaksud pengarang dengan cerita atau bacaan itu, dan mengapa terjadi perubahan pada tokoh.

e) membaca untuk mengelompokkan, mengklasifikasikan (reading for classify), yaitu membaca untuk menemukan atau mengetahui hal-hal yang wajar dan tidak wajar, apa yang lucu dalam bacaan, dan apakah bacaaan itu benar atau tidak.

f) membaca untuk menilai, mengevaluasi (reading for evaluate), yaitu membaca untuk mengetahui apakah suatu buku atau bacaan itu cocok untuk kita baca. Apakah kita dapat berbuat seperti halnya tokoh yang ada dalam cerita apabila hal itu kita nilai baik.

g) membaca untuk mempertentangkan atau memperbandingkan (reading to compare or contrast), yaitu membaca untuk mengetahui bagaimana caranya kehidupan tokoh mengalami perubahan, bagaimana hidupnya berbeda dari kebiasaan hidup yang kita kenal. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana dua buah cerita mempunyai persamaan atau perbedaan.

Menurut Semi (1993: 100), tujuan pengajaran membaca adalah sebagai berikut.

1. Menambah kecepatan dan memahami bacaan
2. Mengajarkan bagaimana siswa mendapatkan pendekatan membaca terhadap berbagai variasi bahan bacaan
3. Memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca oral
4. Meningkatkan kemampuan mengapresiasi dan memperoleh kesenangan estetik para pembaca karya sastra
5. Meningkatkan minat baca siswa agar senang membaca sebanyak-banyaknya dan memungkinkan siswa dapat menjadi pembaca yang teliti sepanjang hayatnya.

Rahim (2007: 11-12) mengemukakan tujuan membaca mencakup sebagai berikut.

1. Kesenangan.
2. Menyempurnakan membaca nyaring.

3. Menggunakan strategi tertentu.
4. Memperbaharui pengetahuannya tentang suatu topik.
5. Mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahuinya.
6. Memperoleh informasi untuk laporan lisan atau tertulis.
7. Mengonfirmasikan atau menolak prediksi.
8. Menampilkan suatu eksperimen atau mengaplikasikan informasi yang diperoleh dari suatu teks dalam beberapa cara lain dan mempelajari tentang struktur teks.
9. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang spesifik.
-
Loading...